Home   >   Jangan Salah, Ban Mobil Punya Batas Kecepatan.

Tips

10 May 2021

Jangan Salah, Ban Mobil Punya Batas Kecepatan.

Ban adalah salah satu komponen penting pada kendaraan, termasuk mobil. Ketika ingin mengganti ban mobil, Sobat Mobilagi wajib paham spesifikasi yang dipilih agar kendaraan tetap aman dan nyaman.

Menurut On Vehicle Test PT Gajah Tunggaj, Zulpata Zainal, memilih ban mobil bukan berdasarkan ukuran tapak, diameter, dan lebar ban saja, pengguna mobil disarankan memahami batas kecepatan maksimal pada ban.

Batas kecepatan ban bisa dilihat pada kode yang biasanya diinformasikan pada bibir ban yang berupa huruf abjad. Indikator batas kecepatan maksimum, ada pada dinding ban mobil yang biasanya ditandai dengan huruf abjad yang tertera di belakang 2 angka load index.

Huruf abjad mengklasfikasikan kecepatan yang berbeda-beda. Umumnya batas kecepatan paling rental dimulai dari huruf B yakni 50 km per jam, sampai kecepatan yang paling tinggi 300 km per jam dengan kode huruf Y.

 KodeKecepatan
B50 km/jam
60 km/jam
65 km/jam 
70 km/jam 
80 km/jam 
90 km/jam 
100 km/jam 
110 km/jam 
120 km/jam 
130 km/jam 
140 km/jam
P150 km/jam
T190 km/jam
U200 km/jam
Tabel Indeks Kecepatan

Jangan Salah Pilih Ban.

Pasti Sobat Mobilagi berpikir untuk menggunakan kode . indeks dengan kecepatan yang lebih tinggi. Disarankan untuk menggunakan ban sesuai standar dan rekomendasi pabrikan masing-masing demi kenyamanan berkendara.

Zulpata mencontohkan, biasanya untuk mobil harian akan menggunakan ban mobil dengan kode indeks di bawah H atau punya maksimum kecepatan sampai 210 km per jam.

Ban akan menjadi cepat panas dan kemungkinan mobil akan menjadi kurang stabil. Meski begitu, pemilihan ban mobil tidak sesuai dengan kode batas kecepatan tidak akan sampai membuat ban mobil meledak ketika digunakan.