Home   >   4 Cara Mudah Hilangkan Bau Bensin di Dalam Mobil

Tips

26 Jan 2023

4 Cara Mudah Hilangkan Bau Bensin di Dalam Mobil

Bau bensin dapat masuk ke dalam mobil karena sejumlah alasan. Dalam hal ini, pengendara mungkin mengira perlu menggunakan penyedot debu mobil untuk menghilangkan bau tersebut. Lakukan sendiri tanpa harus menggunakan layanan vakum. Untuk menghilangkan bau bensin pada mobil, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu dari mana asal bau tersebut.

Dilansir dari laman Suzuki, berikut penyebab bau bensin bisa masuk ke dalam mobil.

  • Bensin tumpah di kabin mobil, seperti di jok atau karpet mobil.
  • Tangki bensin bermasalah, seperti tutup kurang rapat atau bocor.
  • Tutup oli rusak, sehingga bau bensin ikut masuk ke mobil.
  • Busi mobil longgar atau rusak.
  • Karburator bermasalah seperti baut longgar dan bocor.
  • Selang bensin rusak.
  • Pompa bensin bocor.

Cara Menghilangkan Bau Bensin Dalam Mobil

1. Buka kaca

Langkah paling dasar untuk menghilangkan bau bensin pada mobil adalah dengan membuka kaca pintu mobil. Buka kaca depan sampai bau bensin hilang. Biasanya jika bau tersebut berasal dari bau bensin yang masuk saat Anda mengisi, Anda hanya perlu membuka tutupnya dalam waktu singkat. Jika tumpah, perlu waktu berjam-jam agar baunya benar-benar hilang.

2. Kain lap

Dikutip dari The Car Xpert: Jika bau bensin berasal dari tumpahan bensin di jok atau bagian lain pada mobil, coba sedot bensin yang tumpah terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan lap atau kain lain yang sudah tidak terpakai namun bersifat penyerap. sifat yang baik untuk menyerap percikan bensin.

3. Pasir, tepung, atau tanah

Selain menggunakan lap, bau bensin di mobil Anda juga bisa dihilangkan dengan murah menggunakan pasir, tepung, tanah, atau serbuk gergaji jika Anda memilikinya. Bahan-bahan ini tampaknya mampu menyerap bensin. Sekaligus menghilangkan bau di dalam mobil, pasir, tepung, kotoran atau serbuk gergaji di area yang terkena polusi bensin. Kemudian biarkan selama sekitar 5-10 menit lalu bersihkan.

4. Biji kopi

Biji kopi juga bisa dijadikan cara murah untuk menghilangkan bau bensin di mobil. Aroma kopinya menyerap dan menggantikan bau bensin di mobil Anda. Caranya sederhana, cukup taruh segenggam biji kopi di bawah jok mobil atau di sudut lain.