Home   >   4 Penyebab Mobil Mesin Diesel Masuk Angin

Tips

08 Nov 2022

4 Penyebab Mobil Mesin Diesel Masuk Angin

Mobil dengan mesin diesel sering mengalami masalah masuk angin. Ketika hal ini terjadi, mobil seringkali sulit untuk dihidupkan, bahkan mobil bisa tiba-tiba berhenti, yang tentunya dapat membahayakan keselamatan pengemudi dan orang lain.,pengguna jalan. Ada sejumlah faktor yang menyebabkan mobil bertenaga diesel menjadi masuk angin. Hampir semuanya adalah kesalahan pemilik mobil itu sendiri.

Istilah mesin diesel masuk angin mengacu pada suatu kondisi di mana udara masuk dan terperangkap di dalam saluran bahan bakar atau tangki mobil. Adanya udara di dalam ruang bakar membuat kendaraan sulit untuk distarter atau Anda tidak akan bisa menstarternya. Setidaknya ada empat penyebab mesin diesel mobil dingin yang mungkin belum Anda ketahui.

Terlambat mengisi bahan bakar

Alasan utama mengapa mesin diesel menjadi dingin adalah pengisian bahan bakar yang terlambat. Jika solar di tangki mobil terlalu rendah atau bahkan hampir habis, kemungkinan besar udara yang terperangkap di dalamnya akan tersedot ke pompa injeksi saat mobil dihidupkan. Bahan bakar solar mobil yang bercampur dengan udara menyebabkan pembakaran tidak bekerja dengan baik atau tidak sama sekali. Kondisi ini biasanya ditandai dengan suara mesin yang berombak atau berasap. Dengan resiko yang begitu besar, akan lebih baik jika Anda tidak perlu menunggu bahan bakar tersisa sedikit di tangki untuk diisi.

Anda harus segera menambahkan setidaknya 20 persen dari sisa bahan bakar untuk menghindari mesin diesel masuk angin.

Masuk angin saat mengganti filter solar

Penyebab masuk angin pada mobil diesel selanjutnya adalah masuknya udara luar ke dalam ruang bakar saat mengganti filter solar pada mobil diesel, saat filter solar dibuka untuk ganti bisa saja ada udara luar yang terjebak dan masuk ke ruang bakar mobil diesel. Oleh karena itu, filter diesel ini sebaiknya diganti oleh orang yang berpengalaman untuk meminimalkan risiko terkena masuk angin.

Masuk angin saat mengganti komponen pada sistem bahan bakar 

Seiring berjalannya waktu, beberapa komponen kendaraan bermesin diesel perlu diganti karena sudah aus atau tidak berfungsi maksimal. Ini termasuk mengganti komponen sistem bahan bakar seperti selang bahan bakar dan injektor bahan bakar. Saat Anda melepas komponen yang akan diganti, ada kemungkinan secara tidak sengaja memasukkan udara luar ke saluran sistem bahan bakar. Ketika ini terjadi, masuk angin akan muncul saat menghidupkan mesin diesel. Untuk itu, jika Anda belum berpengalaman, sebaiknya Anda mengganti komponen atau suku cadang di pusat bengkel yang tepercaya.

Masuk angin saat membuang air pada water sedimenter

Pada mobil bermesin diesel ada bagian yang disebut separator air. Pemisah air ini memisahkan kotoran dan air dari solar sebelum masuk ke ruang bakar. Jika kotoran dan air telah menumpuk di pemisah air, tentu saja harus dibuang. Dengan membuang air dan kotoran, kemungkinan besar udara akan masuk ke ruang bakar dan menyebabkan mesin menjadi masuk angin.