Home   >   4 Penyebab Utama Mobil Sulit Dihidupkan

Tips

11 Oct 2022

4 Penyebab Utama Mobil Sulit Dihidupkan

Bagian pertama yang harus diperiksa adalah baterai atau baterai isi ulang. Sebagai sumber listrik, baterai yang terlalu tua atau kotor dapat menghasilkan listrik yang sangat lemah dan Mobil yang tidak mau menyala terkadang membuat pemiliknya pusing. Apalagi jika terjadi di tengah perjalanan dan jauh dari bengkel. Jika Anda benar-benar tidak mengerti cara menggunakannya, itu akan sangat merugikan perjalanan. Bagaimana bisa seorang pemilik mobil melakukan itu? Tidak dapat menghidupkannya? Berikut adalah beberapa langkah untuk memeriksa mobil yang tidak mau menyala.

Masalah kelistrikan

Kondisi ini dapat dideteksi saat Anda menghidupkan mobil tetapi tidak ada daya sama sekali. Hal ini dapat ditunjukkan dengan tidak adanya suara dari starter atau suara yang sangat lambat. Jika mobil tidak dapat di hidupkan karena masalah kelistrikan, biasanya mobil dapat didorong untuk dihidupkan. Namun, perlu di ketahui bahwa tidak semua mobil dapat dihidupkan dengan push-start.

Aki yang Lemah

Bagian pertama yang harus diperiksa adalah baterai atau baterai isi ulang. Sebagai sumber listrik, baterai yang terlalu tua atau kotor dapat menghasilkan listrik yang sangat lemah dan bahkan tidak memiliki arus listrik. Bisa juga karena mobil tidak pernah di hidupkan, sehingga baterai tidak memasok listrik yang di hasilkan saat mobil berjalan.

Periksa Kabel Sekring dan Kondisi Sekring

Jika sudah dicek aki tapi performanya normal, coba cek kabel sekring utama. Umumnya, kabel sekering utama berada di dekat baterai di sisi positif. Jika kabel putus, itu harus diganti dan diperbaiki. Periksa juga sekringnya, mungkin hanya sekring putus atau putus karena korsleting. Setelah memeriksa baterai, kabel sekering utama dan kondisi sekering tanpa menemukan kerusakan, periksa konektor dan kunci kontak.

Kunci Kontak

Jika Anda menghidupkan mobil dan dinamo starter tidak berbunyi, kemungkinan besar ada masalah dengan busi dan kunci kontak. Anda dapat memperbaikinya dengan mengencangkan busi dan memastikan konektor dan kunci kontak dalam kondisi baik.
Ini adalah beberapa alasan mengapa mobil tidak mau hidup. Anda dapat melakukannya sendiri atau membawa mobil Anda ke bengkel.