Home   >   5 Cara Menjaga Emosi Saat Berkendara Saat Puasa

Tips

14 Apr 2021

5 Cara Menjaga Emosi Saat Berkendara Saat Puasa

Mengemudi mobil merupakan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi dan kondisi fisik yang bugar. Apalagi di bulan Ramadhan yang dapat menyebabkan kondisi fisik dan konsentrasi menurun karena aktivitas sehari-hari Anda bertambah berat.

Ketika mengemudi mobil dalam kondisi puasa akan terasa lebih lemas dan tentu akan mempengaruhi keselamatan mengemudi. Dan di jalan raya, pasti banyak yang membuat emosi seperti kemacetan, suara kalson, suara knalpot, sampai dengan pengemudi-pengemudi lain yang tidak bertanggung jawab.

Tak hanya membutuhkan skill mengemudi saja, karena skill mengemudi hanya berperan sebear 10 persen dalam keselamatan di jalan raya. 90 persennya adalah emosi yang mempengaruhi lebih besar.

Yuk, simak cara menjaga emosi saat mengemudi agar ibadah puasanya tetap berjalan lancar.

1. Jaga pola makan dan istirahat

Agar konsentrasi tetap terjaga, makan makanan yang sehat dan diimbangi dengan pola tidur yang baik. Sehingga dalam kondisi puasa, konsentrasi tetap terjaga.

2. Jangan lupa berdoa

Pasti saat kita masih kecil, selalu diingatkan oleh orang tua untuk selalu berdoa agar selamat di jalan. Tak hanya meminta keselamatan saja, memulai perjalanan dengan doa secara psikologis akan membuat suasana hati kita tenang. Detak jantung cenderung lebih pelan dan energi yang terbakar dari tubuh menjadi lebih sedikit.

3. Jaga jarak aman

Dengan menjaga jarak dengan kendaraan di depan, kita cenderung akan lebih santai dan setiap perubahan gerakan atau kecepatan dari mobil depan akan lebih mudah diimbangi dan rileks untuk diantisipasi. Jika jarak terlalu dekat, tanpa sadar kaki atau tangan bekerja lebih banyak untuk mengantisipasi pergerakan kendaraan di depan.

4. Jangan cepat terpancing emosi

Saat berkendara, jangan terlalu cepat emosi. Karena dalam keadaan emosi, akan sehat akan tertutupi oleh nafsu amarah. Jika terpancing emosi, akan timbul hal-hal yang sebenarnya tidak perlu terjadi atau bahkan dapat merugikan diri sendiri.

5. Usahakan berkendara dengan pikiran yang positif

Dalam kondisi puasa, agar tubuh tidak lelah coba untuk berpikir positif sepanjang perjalanan. Bisa diantisipasi dengan mendengarkan lagu atau menyanyi. Dengan begitu, emosi akan cepat teredam.