Home   >   7 Cara Agar Kaca Mobil Tidak Berembun

Tips

31 Mar 2021

7 Cara Agar Kaca Mobil Tidak Berembun

Penglihatan sangat penting ketika Anda berkendara dan seringkali kaca mobil secara tiba-tiba berembum. Hal ini biasa terjadi di musim hujan atau di malam hari karena suhu cenderung lebih dingin.

Kaca mobil berembun sangat mengganggu penglihatan dan mengurangi jarak pandang pengemudi. Risiko kaca berembun sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kecelakaan.

Yuk, simak cara mengatasi kaca mobil berembun.

Turunkan suhu dalam mobil

Embun timbul karena adanya perbedaan uhu antara di dalam dan luar mobil. Anda dapat menurunkan temperature mobil agar kondensasi berkurang.

Atur kipas yang yang paling tinggi agar sirkulasi udara lebih maksimal. Lalu, turunkan suhu mobil hingga paling rendah pada tingkat yang masih bisa Anda tolelir.

Menggunakan Fitur Defrost/Defogger

Jika mobil Anda memiliki fitur ini, maka Anda dapat memanfaatkannya untuk menghilangkan embun. Ventilasi deforster ini biasanya terletak di kedua sisi paling ujung dari dashboard. Sedangkan embun pada belakang mobil, Anda dapat menggunakan fitur defogger untuk menghilangkannya.

Resirkulasi Udara Dalam Mobil

Fungsi dari resirkulasi ini adalah memasukkan udara dari luar mobil dan menghembuskan udara tanpa mengubah suhu. Hal ini mencegah terjadinya perbedaan suhu yang menyebabkan terbentuknya embun. Caranya adalah Anda hanya perlu menekan tombol resirkulasi pada dashboard Anda.

Menyalakan AC dan Wiper

Embun tak hanya terjadi bila suhu udara di luar dingin, namun juga bisa sebaliknya. Saat udara luar panas, dan suhu di dalam mobil dingin ini juga memungkinkan titik-titik embun muncul pada kaca. Untuk menghilangkannya, Anda bisa mengurangi kecepatan AC.

Apabila AC dalam mobil bekerja dengan baik, suhu otomatis menurun secara cepat. Mengurangi suhu AC mobil secara otomatis mengurangi embun yang menempel di kaca. Bisa juga menggunakan wiper dalam menyeka embun-embun tersebut. Pastikan wiper dalam pengaturan yang paling pelan supaya tak mengganggu penglihatan Anda.

Membuka Jendela

Ini adalah cara yang paling cepat dan mudah. Membuka jendela dalam waktu singkat dan biarkan embun menghilang. Namun harus diperhatikan juga polusi yang ada di luar sekitar mobil karena dapat berbahaya dan membuat dalam mobil bau asap.

Intermitten Wiper

Anda bisa mengatur penggunaan wiper dan menyesuaikan dengan intensitas air. Anda bisa menemukan fitur ini pada tuas atau tombol wiper dengan tulisan “INT”.

Lampu Kabut

Lampu kabut ini sangat berguna ketika hujan dan saat kondisi jalan berkabut. Hal ini dapat memberikan pencahayaan ekstra untuk meningkatkan visibilitas bagi pengendara.