Home   >   Air Hujan Bisa Jadi Jamur di Kaca Mobil

Tips

22 Nov 2021

Air Hujan Bisa Jadi Jamur di Kaca Mobil

Saat ini Indonesia sedang memasuki musim penghujan. Air hujan sendiri mengandung asam yang dapat membentuk kaca depan mobil Anda. Jamur dapat tumbuh dengan baik jika mobil sering dalam keadaan basah dan kotor.

Kaca depan mobil yang terkena hujan terus menerus oleh karena itu harus dijaga jika pemiliknya ingin tetap nyaman dan aman saat menggunakannya. Kebiasaan buruk pemilik kendaraan seperti tidak membilas, membersihkan sisa sabun cuci, tidak membersihkan kendaraan sampai benar-benar kering setelah dicuci, dan parkir di sembarang tempat dapat mengakibatkan jamur pada kaca depan.

Ada banyak cara untuk mencegah tumbuhnya jamur di kaca depan mobil Anda, termasuk menggunakan pembersih jamur. Sayangnya, kondisi tertentu di mana cairan pembersih jamur tidak boleh diterapkan ke kaca depan Anda belum diketahui.

Glass Cleaner Untuk Jamur

Cara pertama untuk menghilangkan jamur dari kaca depan Anda adalah dengan menggunakan alat yang disebut pembersih jendela. Pembersih kaca khusus ini biasanya berupa cairan kental dan pekat. Pembersih kaca tidak hanya membersihkan kaca, tetapi juga memastikan kilau yang optimal. Dengan begitu Anda akan mendapatkan pemandangan yang bagus, begitu juga kacanya. Yang bersinar seperti baru.

Pembersih kaca yang baik harus dapat menghilangkan minyak atau minyak apa pun, serta membersihkan jamur yang masuk ke pori-pori kaca. Bahkan endapan air yang membandel pun dapat dihilangkan dengan relatif mudah, residu yang tersisa berdebu dan dapat mencemari tubuh.

Pembersih Kaca Akuarium

Pembersih kaca akuarium berbentuk cair dan relatif lebih mudah diaplikasikan dibandingkan pembersih kaca khusus mobil. Untuk aplikasi pembersih kaca akuarium ini, ini tidak dapat terjadi secara kebetulan.

Segera setelah menggosok kaca dengan pembersih akuarium, residu harus segera dibilas dengan air. Jangan biarkan mengering di permukaan kaca karena pembersih akan menodai akuarium ini setelah mengering. Cairan ini juga bisa terasa gatal jika terkena kulit. Sangat disarankan agar Anda melindungi diri dengan sarung tangan lateks saat membersihkan.

Pasta Gigi dan Alkohol

Cara terakhir untuk menghilangkan jamur dari kaca depan Anda adalah dengan menggunakan kombinasi pasta gigi dan alkohol. Bahan rumah tangga ini hampir pasti banyak tersedia. Kombinasi pasta gigi dan alkohol memang tidak memberikan hasil yang sebaik pembersih kaca, namun bisa menjadi alternatif untuk menggores cetakan kaca.

Alkohol 50-90 persen adalah pembersih kaca kuno yang masih efektif. Pasta gigi putih (bebas gel) adalah cairan pembersih alternatif yang cukup andal untuk menghilangkan jamur di kaca depan mobil Anda.

Jika kaca depan Anda memiliki noda air dan jamur, Anda dapat menggabungkan keduanya secara langsung untuk pembersih noda. Pertama bersihkan kaca dengan alkohol gosok, lalu gunakan pasta gigi pada noda jamur yang sulit dibersihkan. Basahi kain lembut dengan alkohol, lalu gosok untuk menghilangkan jamur dari jendela mobil.

Karena tingkat penguapannya yang tinggi, alkohol cenderung cepat kering, sehingga proses pembersihan memakan waktu lebih lama. Alkohol ini tidak meninggalkan noda pada permukaan kaca.Agar lebih aman terhadap cat mobil, gunakan hand sanitizer berbentuk gel. Cairan kental tentu akan menguap lebih lama dan sulit menetes ke bodi mobil.