Home   >   All New Sudah Pasti Berbeda dari Facelift

Review

14 Jul 2021

All New Sudah Pasti Berbeda dari Facelift

Setelah Anda memahami apa itu facelift, ada istilah lain yang juga harus dipahami dalam dunia otomotif, yaitu istilah “All New” yang sama dengan artinya, model ini hadir dengan wujud yang baru. Yang berarti berbeda dari sebelumnya dari segi interior maupun eksteriornya.

Model mobil yang benar-benar baru memiliki tampilan yang sama sekali baru. Mulai dari rangka, desain, kode sasis dan penambahan dari segi keutuhannya. Anda akan dengan mudah mengenali mobil baru saat melihat desain eksteriornya.

Saat mengembangkan semua model baru ini, pabrikan membutuhkan waktu yang relatif lama dan harus diperiksa atau melakukan riset terlebih dahulu. Biaya yang dibutuhkan untuk sebuah mobil baru juga cukup tinggi. Oleh karena itu, wajar jika harga mobil baru akan lebih mahal dari mobil facelift, meski tentu saja tergantung varian mobil masing-masing.

Contoh dari semua model baru yang dapat kita lihat dengan jelas adalah All New Mazda 2 SkyActiv yang desainnya sangat berbeda dengan yang lama.

Seperti yang Anda lihat, mobil ini memiliki desain dan bentuk yang sama sekali berbeda dari pendahulunya. Dimensi Kabin Baru dan Fitur Baru Membedakan model baru dari model sebelumnya seharusnya mudah mengingat perubahan desain secara keseluruhan, tetapi perubahan kode sasis mobil adalah yang paling pasti.

Contoh perubahan kode adalah dari Honda Jazz generasi kedua dengan kode GE8 menjadi Honda Jazz generasi ketiga dengan kode GK5. Perubahan kode biasanya menjadi indikator paling mutlak untuk menentukan bisa atau tidaknya sebuah model disebut “all new”, karena jika sasisnya diganti bisa dikatakan mobil ini dibuat dari nol.

Banyak produsen menggunakan kata “segala sesuatu yang baru” hanya untuk penjualan belaka. Oleh karena itu, istilah merek baru dipandang kurang representatif saat ini dan terkadang diganti dengan generasi baru untuk lebih menekankan bahwa suatu model benar-benar baru.

Lantas, apa perbedaannya dengan Facelift?

Sederhananya, facelift dan all new adalah penyegaran yang berlangsung di dalam mobil. Namun jika Anda benar-benar memahaminya, facelift dan all new adalah dua hal yang berbeda.

• Anda dapat membedakan antara facelift dan yang baru dari definisi kedua istilah tersebut. Facelift merupakan penyegaran yang dilaksanakan pada komponen tertentu saja pada mobil tanpa mengubah bentuk sebelumnya. Sedangkan pada All New, bentuk dari mobil benar-benar diubah secara keseluruhan dari sebelumnya.

• Facelift pada mobil biasanya hanya mengganti bagian komponen interior dan eksterior atau menambah fungsi yang lebih baru. Sedangkan pada mobil All New, tidak hanya bentuk fisik dan fungsinya yang baru, serta kode sasis juga mengalami perubahan.

• Indikator perubahan kode pada mobil baru juga sering dijadikan acuan konsumen. Oleh karena itu, sebuah mobil bisa dikatakan baru jika kode sasisnya diubah dari sebelumnya. Jika kode sasis diubah, dapat dipastikan mobil tersebut  adalah model All New.