Home   >   Apa Yang Dilakukan Untuk Limbah Baterai EV?

Community

09 Aug 2022

Apa Yang Dilakukan Untuk Limbah Baterai EV?

Kendaraan listrik baterai diperkirakan akan mengalami lonjakan karena diyakini dapat mengurangi polusi dan dapat menjadi solusi berkendara di masa depan. Hal ini terlihat dari beberapa produsen mobil yang saat ini berjuang untuk terus berinovasi dalam mengembangkan sesuatu yang baru berkembang agar dapat bersaing di segmen kendaraan listrik, salah satunya adalah Toyota Indonesia.

Meski tidak mengeluarkan emisi gas buang yang dapat menjaga kualitas udara bersih, kendaraan listrik dapat menyebabkan limbah baterai dan aki mobil listrik maju dalam pengolahan limbah mobil.

Indra Chandra, Project General Manager Toyota Daihatsu Engineering and Manufacturing (TDEM), mengatakan pihaknya telah memikirkan bagaimana mendorong pembuangan limbah mobil listrik ke depan. Indra mengatakan bahwa mereka sudah menyiapkan 3R (recycle, reuse, reduce) karena pada akhirnya harus dipikirkan end to end.

Indra mengaku pihaknya juga telah bekerja sama dengan Prasadha Pamunah untuk Sampah Industri (PPLI) di Bogor untuk mendaur ulang. Tantangan berikutnya adalah mengeksplorasi materi di dalam materi.

Indra mengatakan, “Sekarang kami mendaur ulang limbah kami dan kemudian mengekspornya. Lalu bagaimana kita membawa ekosistem kembali ke Indonesia?”

Indra juga menjelaskan bahwa limbah baterai EV memang masih hidup, meski tidak bisa lagi digunakan kembali di mobil untuk penyimpanan energi.