Home   >   Baru membeli mobil preowned? Ini hal-hal yang perlu kamu lakukan!

Tips

20 Jan 2021

Baru membeli mobil preowned? Ini hal-hal yang perlu kamu lakukan!

Membeli mobil preowned atau bekas adalah salah satu solusi saat kita ingin memiliki mobil idaman dengan budget yang terbatas. Tentu saja sebelum membeli, kita akan melakukan beberapa pencarian terkait mobil apa yang akan kita beli. Proses pencarian itulah terkadang yang memakan waktu paling lama, ada beberapa hal yang akan membuat kita merasa sangat cocok dan begitu pula sebaliknya, ada juga hal yang membuat kita tidak ingin memiliki mobil tersebut.

source : freepik

Sebelum membeli mobil tersebut, hal yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa mobil tersebut. Akan tetapi kamu tidak bisa secara luasa memeriksa mobil tersebut, selain karena hak kamu yang belum sepenuhnya memiliki mobil tersebut, kamu juga hanya punya waktu yang terbatas. Inilah yang perlu kamu lakukan ketika mobil bekas tersebut sepenuhnya sudah menjadi milik kamu. Simak informasi dibawah ini ya.

1. Perhatikan Kebersihan Mobil Tersebut

Hal pertama yang penting untuk kamu lakukan adalah memperhatikan kebersihan dari mobil tersebut, baik bagian eksterior maupun interior. Kamu bisa langsung untuk membersihkan bagian dari mobil tersebut seperti mencuci karpet mobil, membersihkan debu-debu yang menempel pada kulit jok dan juga memoles bagian eksterior agar terlihat lebih kinclong.

2. Cek Oli

Selanjutnya hal yang perlu dilakukan adalah memeriksa kondisi dari oli, tidak hanya tentang jumlah oli, tapi kamu juga harus memeriksa kesehatan dari oli tersebut yang dapat dilihat dari warnanya. Kamu sebaiknya mengganti oli mobil tersebut, walaupun pemilik mobil sebelumnya mengatakan bahwa oli tersebut baru diganti.

3. Periksa Kondisi Rem

Rem merupakan salah satu komponen yang berperan besar dalam keselamatan pengendara. Periksa kondisi rem dan juga ganti komponen rem yang harus diganti, jangan tunda hal tersebut.

4. Cek Kaki-kaki

Sebuah mobil bekas tentu saja sudah melalui banyak perjalanan, bahkan hingga beribu-ribu kilomter. Dan hal tersebut sangat memengaruhi kaki-kaki dari mobil tersebut, oleh karena itu kamu harus memeriksanya mulai dari suspensi, velg hingga as dari roda.

5. Spooring dan Balancing

Setelah melakukan semua hal tersebut, hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah spooring dan balancing. Spooring dan balancing berperan besar dalam menentukan sebuah mobil dapat berjalan lurus atau tidak dan juga apakah si mobil mudah dikendalikan atau tidak.