Home   >   Berkendara Aman di Jalan Tol Yang Penuh Kendaraan Besar

Tips

17 Nov 2021

Berkendara Aman di Jalan Tol Yang Penuh Kendaraan Besar

Pengemudi perlu ekstra waspada saat berkendara di jalan tol yang padat dengan kendaraan besar seperti truk kontainer. Untuk lebih meningkatkan keselamatan ini, pengemudi harus memperhatikan beberapa hal.

Sony Susmana, Director of Indonesian Defensive Security Consultant, membagikan beberapa tips agar perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman. Salah satu yang menjadi fokus Sony adalah menjaga jarak dengan kendaraan.

“Dengan kendaraan besar, salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan adalah kemampuan manuvernya. Saat bermanuver, kendaraan jenis ini memakan banyak ruang atau space karena sangat sulit untuk direm dan rem mudah blong,” kata Sony seperti yang dilansir Liputan6.

Selain itu, posisi mengemudi yang ideal adalah memberikan ruang yang cukup dan tidak berdiri di titik buta kendaraan besar. Itu akan menyulitkan pengemudi truk atau gerbong kontainer untuk bermanuver.

“Orang mobil punya blind spot yang besar, dan kalau bertabrakan dengan mobil lain sangat fatal,” kata Sony.

Selain itu, Sony juga menyebutkan hal lain, khususnya perilaku yang diperlukan untuk memastikan keselamatan untuk menghindari kendaraan besar ini.

“Satu-satunya cara untuk menghindari situasi di atas adalah dengan menjauh atau menjaga jarak aman. Terutama tidak di depannya atau bahkan jika Anda mencoba mengejar, perhatikan faktor keamanan (angin lintas, tikungan, kontak mata, pemukulan) Anda harus lebih memperhatikan, ”kata Sony.

Beberapa faktor lain yang juga perlu dilengkapi adalah pelatihan keterampilan sosial agar dapat mengenali kemungkinan bahaya yang akan muncul.

“Keterampilan yang penting adalah soft skill seperti postur, kewaspadaan dan kewaspadaan untuk mengenali potensi bahaya. Pengemudi pasti berisiko kecelakaan,” pungkas Sony.