Home   >   Bocoran Toyota Innova Zenix dan Hybrid 2022 untuk Pasar Indonesia

News

19 Sep 2022

Bocoran Toyota Innova Zenix dan Hybrid 2022 untuk Pasar Indonesia

Topik kedatangan generasi terbaru Toyota Innova terus menjadi perbincangan semua orang. Model baru ini tidak hanya hangat diperdebatkan di tanah air, tetapi juga di industri otomotif internasional. Maklum, ini adalah kendaraan global. Banyak yang menunggu untuk didaftarkan ke Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia. Banyak gambar rekaan juga muncul. Sedikit demi sedikit, rumor itu menjadi fakta. Yang pertama adalah penggunaan nama Toyota Innova Zenix sebagai penerusnya. Nomenklatur ini digunakan untuk model bensin. Bukan untuk hybrid.

Menurut informasi yang diterima, akan menggunakan mesin 2.0 liter. Tapi tenaga kuda dan kemampuan torsi meningkat. Mobil tidak lagi pada rangka rangka tangga (stairs). Namun, ia menggunakan monocoque TNGA yang mungkin dipinjam dari Corolla Cross Hybrid. Toyota juga akan menghentikan mesin diesel 2,4 liter.

Akan ada pilihan bensin dan hybrid. Nantinya, gearbox tipe A/T 6-percepatan konvensional digantikan oleh CVT. Sistem penggerak dan distribusi tenaga dialihkan dari poros belakang ke roda depan. Berlaku untuk kedua model baru. Opsi transmisi manual dilaporkan tidak lagi tersedia pada generasi baru.

Untuk versi hybrid, Toyota akan menggabungkan mesin 2.0 liter, motor listrik dan dukungan baterai lithium-ion. Jumlah energinya belum diketahui. Namun, diyakini performanya akan meningkat. Berdasarkan informasi retailer resmi, sekitar bulan November atau akhir tahun. Harganya diperkirakan mulai dari Rp400 juta atau lebih.

Dari segi bahasa desain, Toyota sepertinya terus mengadopsi desain Keen Look. Bisa dilihat di versi render atau yang beredar di Instagram. Dimulai dengan perubahan pada gril sarang lebah heksagonal, bentuk rumah lampu depan telah berubah.

Dari jajaran genjang hingga sedikit miring. Bumper secara otomatis memposisikan dirinya dengan lampu sein di bagian bawah. Bentuk pelek bisa diubah menjadi 17 inci untuk varian bensin dan 18 inci untuk versi hybrid. Tampilannya terlihat bagus ketika pola dan lukisannya seperti ini. Di bagian belakang visual seperti Rush atau Terios.

Lampu belakang mengalir ke samping bodi. Bentuk buritan juga telah diatur ulang. Fitur keamanan perlu diperbarui. Untuk varian yang lebih tinggi dan hybrid bisa menggunakan Toyota Safety Sense. Lebih menuntut daripada All New Veloz.

Paket keamanan gabungan mencakup sistem penghindaran tabrakan “PCS”, Dynamic Radar Cruise Control (DRCC). Peringatan Lintas Lalu Lintas (RCTA) dan Blind Spot Monitor (BSM). Kemudian T Intouch juga harus diinstal. Fungsinya untuk menjalin hubungan antara mobil dan pemiliknya. Ini dilakukan melalui perangkat telematika yang dipasang di kendaraan.