Home   >   Busi Mobil Kesayangan, Jangan Sampai Gosong.

Tips

21 May 2021

Busi Mobil Kesayangan, Jangan Sampai Gosong.

Busi adalah suatu suku cadang yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung electrode pada ruang bakar. Fungsinya sendiri adalah untuk membakar bensin atau bahan bakar. Jika busi tidak ada pada kendaraan maka kendaraan tidak akan melakukan pembakaran. Sobat Mobilagi harus melakukan inspeksi busi agar kendaraan tetap dalam kendaan baik dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Engineering Explaines menjelaskan secara singkat bagaimana kondisi busi yang masih dipakai, memeriksanya, dan menggantinya. Untuk memastikan busi masih bisa menyala dan layak digunakan adalah jika masih dapat memercikkan listrik dan dalam kondisi tidak ‘gosong’ saat pemeriksaan.

Rekomendasi Artikel Terkait:
Mesin Mobil Cepat Panas?

Untuk mengenali bahwa busi mobil rusak atau tidak, simak cara mengenalinya:

  1. Berwarna coklat berarti busi sudah harus segera diganti.
  2. Berwarna merah atau kekuningan menandakan ada hawa panas di mesin secara berlebihan. Masalah ini timbul ketika pendingin mesin bermasalah.
  3. Berkerak dan gosong mengindikasikan adanya masalah pada bagian pengatur bahan bakar. Sobat harus cek peranti kelistrikan dan aliran bensin.
  4. Meleleh menandakan kondisi elektroda yang meleleh atau gosong karena ada kebocoran mesin atau masalah kompresi yang mana sebagian oli turut terbakar pula pada mesin.
  5. Kerak di kepala busi merupakan indikasi busi kemasukan oli karena pengaturan bahan bakar buruk yang berakibat pada kebocoran pada bagian sill klep.
  6. Busi yang basah berasal dari sisa pelumas yang menempel pada kepala busi dan elektroda.

Sudah sewajarnya busi diganti secara rutin setelah 30 ribu km sekali. Namun yang terjadi sering pula busi baru diganti jauh setelah 30 ribu km. Kemungkinan juga sudah berada dalam kondisi agak hangus. Selain itu, jarak pada busi dan pemantiknya juga harus dipastikan supaya tidak terlalu dekat, dan tidak terlalu jauh.

Jika busi sudah berusia cukup lanjut, maka harus dipastikan bahwa oli dan kotoran tidak mengendap di bagian kepala busi untuk mencegah karat dan terhalangnya listrik saat akan menyalakan mobil. Selebihnya, jika memang kondisi busi sudah cukup parah, maka belilah yang direkomendasikan seperti NGK misalnya.