Home   >   Cara Hilangkan Embun Kaca Mobil Saat Hujan

Tips

26 Sep 2022

Cara Hilangkan Embun Kaca Mobil Saat Hujan

Musim hujan telah datang, pengemudi harus selalu menyalakan AC di dalam mobil. Hal ini penting, karena pengemudi seharusnya sudah mengetahui bahwa hal terpenting saat mengemudikan mobil adalah memastikan pandangan yang aman. Apakah kaca depan berembun? Kondisi ini tentu berbahaya karena penglihatan pengemudi bisa berkurang karena tidak mengerti atau tahu cara menghilangkan embun dari kaca saat hujan.

Sebenarnya, caranya sangat sederhana. Embun di kaca depan biasanya disebabkan oleh perbedaan suhu antara udara di dalam dan di luar. Suhu di luar kabin biasanya lebih sejuk saat hujan. selain di dalam kabin dan inilah penyebab munculnya embun pada kaca seperti yang telah disebutkan di atas, langkah sederhana untuk menghilangkan pengembunan di kaca depan adalah cukup dengan menyalakan AC yang merupakan AC di dalam kabin mobil.

Menyalakan AC akan menghilangkan embun dengan sendirinya. Mematikan AC lalu membuka kaca bukanlah solusi yang tepat, karena ada perbedaan suhu yang besar antara kedua ruangan yang dapat mempersulit penghilangan.

Agar embun segera hilang, suhu AC tidak harus terlalu dingin, tapi pastikan suhunya lebih dingin dari suhu luar. Tak hanya itu, berikut beberapa cara aman untuk menghilangkan embun pada kaca depan saat hujan:

  1. Turunkan Temperatur di dalam Kabin Mobil
  2. Memanfaatkan Fitur Defrost/Defogger
  3. Resirkulasi Udara dalam Mobil
  4. Menyalakan AC dan Wiper
  5. Membuka Jendela

Rekomendasi artikel: Leapmotor Sedang Merencanakan IPO