Home   >   Facelift, Penyegaran Mobil Tanpa Merubah Bentuk Sebelumnya

Review

12 Jul 2021

Facelift, Penyegaran Mobil Tanpa Merubah Bentuk Sebelumnya

Facelift dan All New rupanya nama tersebut memiliki arti khusus untuk model mobil yang Anda temukan. Biasanya, ketika mencari mobil baru, seseorang menemukan istilah seperti “Ini adalah Toyota Avanza Facelift”. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan “Facelift”? Yuk, simak!

Apa itu facelift?

Face lift dalam dunia kesehatan, khususnya operasi, adalah operasi untuk mengencangkan kerutan dan membuat wajah pasien tampak lebih muda. Lantas seperti apa facelift di dunia otomotif? Ketika berbicara tentang mobil, facelift kurang lebih merupakan istilah yang mencakup berbagai desain, interior, dan peningkatan teknologi pada mobil untuk mempertahankan daya tariknya. Saat ini, pembuat mobil lebih memilih untuk membuat sejumlah perubahan kecil daripada membuat perubahan besar seperti yang telah mereka lakukan di masa lalu.

Anda harus benar-benar cerdas atau pilih-pilih dalam membuat perubahan gaya eksternal antara Toyota Avanza sebelum dan sesudah facelift, misalnya. Perubahan biasanya dilakukan pada bumper, lampu, dan gril. Mungkin juga ada desain roda baru dan pilihan warna. Sementara itu, ubahan pada interior mobil yang dirombak biasanya tidak terlalu mencolok. Mungkin beberapa peralatan dan opsi peralatan, pelapis baru atau bahkan desain ventilasi baru.

Perubahan yang lebih signifikan dapat dilakukan untuk memungkinkan peningkatan yang lebih besar dalam teknologi on-board. Sistem hiburan baru dengan layar yang lebih besar dapat mengubah nuansa seluruh dasbor. Facelift juga dapat mencakup peningkatan mesin, transmisi, kontrol sasis, dan alat bantu keselamatan. Ini lebih benar jika ada perubahan signifikan dalam undang-undang emisi dan keselamatan sejak kendaraan diluncurkan.

Mengapa mobil mengalami Facelift?

Sebagian besar pembuat mobil merilis generasi baru model tertentu setiap enam hingga delapan tahun. Itu adalah umur yang sangat panjang untuk barang-barang konsumsi. Apple baru saja merilis iPhone baru setiap 12 bulan. Contoh perubahan signifikan yang bisa kita lihat adalah Apple 11 vs Apple 12.

 Dalam dunia otomotif sendiri, facelift merupakan sarana untuk meningkatkan minat terhadap model-model yang sudah banyak diminati dengan menambahkan komponen tertentu. Tugasnya adalah memberikan penyegaran baru bagi industri otomotif.

Alasan lain untuk facelift adalah bahwa sejak mobil pertama diluncurkan, pabrikan telah sepenuhnya mengubah serangkaian fitur gaya yang mengidentifikasi mobil sebagai produk pabrikan tertentu, membuat perubahan urutan mobil menjadi menyerupai rekannya yang lebih baru. Standar dalam hal teknologi atau efisiensi, itulah sebabnya produsen mobil lain memperkenalkan facelift untuk mengejar trend.

Kapan facelift dilakukan?

Ford kemungkinan mengembangkan konsep “peremajaan” dengan produksi Model T. Selama 19 tahun, Model T telah diperbarui hampir secara konstan. Misalnya, 1927 adalah mobil yang sangat berbeda dari mobil asli 1908.

Pembuat mobil Amerika lainnya mengikutinya. Dan pada 1950-an, sebagian besar model mereka mengalami perubahan tahunan  yang berlanjut hingga hari ini. Untuk alasan ini, usia mobil Amerika umumnya ditentukan oleh “tahun model” daripada tanggal pembuatan atau pendaftaran seperti di Inggris.

Pembuat mobil di seluruh dunia cenderung tidak memperbarui mobil mereka secara teratur. Mobil yang dijual di Inggris biasanya mendapatkan facelift paruh baya, biasanya tiga hingga empat tahun setelah diluncurkan, seperti halnya dengan Lexus NX.

Ini mungkin diikuti oleh satu atau dua putaran pembaruan lagi. Kecil sebelum mobil diganti. Mobil yang tetap berproduksi di luar enam sampai delapan tahun biasanya dapat menerima dua atau tiga facelift penuh selama hidup mereka. Mitsubishi ASX, misalnya, sudah ada sejak 2010 dan kini facelift keempat.

Ini hanya aturan umum. Beberapa mobil yang dijual di Inggris telah berubah sedikit selama dekade produksi mereka, sementara yang lain terus diperbarui. Nissan GTR, misalnya, adalah mobil yang secara fundamental tidak berubah sejak diluncurkan pada 2007, tetapi tampaknya diperbarui setiap minggu setiap bulan.

Berapa harga facelift mobil?

Perubahan facelift biasanya fokus pada area mobil yang paling mudah dimodifikasi – bumper, lampu, dll. Sehingga facelift biasanya menunjukkan kenaikan harga jual mobil. Peningkatannya tergantung pada besarnya perubahan, yang berkisar dari beberapa ratus hingga beberapa ribu. Ada kasus yang jarang terjadi ketika harga tidak berubah.

Haruskah beli mobil model ini?

Perubahannya mungkin kecil dibandingkan dengan model aslinya, tetapi mobil yang diperbaharui umumnya lebih baik, namun jika menyangkut suku cadang, Anda mungkin akan kesulitan untuk mendapatkannya.

Oleh karena itu Anda juga harus memastikan bahwa Anda tidak akan kewalahan dengan proses servis berkala untuk penggantian suku cadang nantinya. Kemudian ketika Anda tidak sepenuhnya yakin apakah Anda menyukai jenis mobil yang Anda lihat. Jadi ada baiknya ditimbang dulu. Mengapa? Karena tingkat depresiasi mobil baru, itu sendiri cukup tinggi.

Rekomendasi Artikel: 200 Juta Dapat Mobil VSC? Ini 5 Opsinya!