Home   >   Hati-hati Modus Pecah Kaca Mobil Saat Parkir

Tips

01 Mar 2022

Hati-hati Modus Pecah Kaca Mobil Saat Parkir

Saat ini, berbagai wilayah di Indonesia dipadati kendaraan bermotor saat malam hari untuk makan makanan lokal dipinggir jalan yang tentunya akan parkir dipinggir jalan tanpa pengawasan. Terlebih lagi disaat libur panjang dan melakukan perjalanan jauh antar kota. Pernah dengar berita kaca mobil pecah saat parkir?

Pada satu titik bahkan terjadi kemacetan yang cukup lama sehingga petugas polisi setempat menggunakan rekayasa lalu lintas untuk mencegah kepadatan. Ini tentu saja mengarah pada pengemudi dan penumpang tidak nyaman, jadi beberapa dari mereka memutuskan untuk beristirahat untuk beristirahat.

Namun, perlu diperhatikan bahwa saat memarkir mobil akan ada risiko kecurian secara ugal-ugalan. Setidaknya tidak ada barang berharga yang tertinggal jika kendaraan dibiarkan cukup lama di parkiran yang tidak diawasi.

“Saat parkir, jangan sembarang di pinggir jalan apabila memang akan ditinggal cukup lama. Lebih baik cari parkiran yang aman atau memiliki pos keamanan,” kata Training Director sekaligus pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu kepada Kompas belum lama ini.

Jika tidak ada parkir umum, cobalah untuk menemukan tempat terbuka yang mudah terlihat dan benar-benar terlihat oleh masyarakat sekitar.

“Cari lokasi parkir yang aman dan ramai, meski kita harus jalan sedikit lebih jauh ke lokasi yang dituju, tapi lebih baik dibandingkan mengalami kerugian. Keamanan dan kenyamanan adalah pilihan, mau atau tidak, tinggal itu saja.

Semua barang berharga jangan pernah ditinggal. Bila tidak memungkinkan untuk dibawa, letakan di tempat yang tersembunyi. Intinya, jangan mencolok atau mengundang perhatian dari luar kabin,” ucap Jusri.

Tidak hanya itu, Jusri juga meminta agar pemilik mobil memperhatikan keadaan perangkat keselamatan di dalam kendaraan. Pastikan berfungsi dengan baik, meski bukan jaminan, tapi setidaknya bisa mengurangi ruang gerak penjahat bahkan menghalangi penjahat untuk membobol dan mencuri.

“Kesimpulannya, di mana pun itu kita harus tetap waspada. Jangan menyepelekan hal-hal kecil yang tanpa disadari justru menimbulkan kerugian bagi diri sendiri,” ujar Jusri.