Home   >   Ini Pentingnya Fitur Isofix di Dalam Mobil

Tips

29 Apr 2021

Ini Pentingnya Fitur Isofix di Dalam Mobil

Dilansir di Cintamobil, Isofix merupakan standar keselamatan internasional yang digunakan untuk car seat pada mobil. Isofix akan mengunci car seat dengan kuat saat diletakkan di bangku penumpang. Dibandingkan dengan melilitkan sabuk pengaman, fitur ini jauh lebih aman digunakan untuk car seat.

Fitur ini sudah diterapkan di banyak negara maju. Terutama di negara-negara barat. Fungsi utamanya adalah keamanan ketika Anda berkendara dengan anak kecil yang harus menggunakan car seat.

Isofix dibuat oleh perusahaan manufaktur car seat yaitu Britax-Romer yang bekerja sama dengan VW pada tahun 1997. Kemudian pada tahun 2001, fitur ini mulai banyak digunakan pada mobil di Eropa. 

Ada banyak alasan pentingnya Isofix untuk mobil Anda. Isofix yang merupakan singkatan dari International Standard Organisation Fix menjadi sebuah standar penting di mobil-mobil modern saat ini. Berikut ini adalah alasan mengapa Isofix penting untuk mobil Anda.

1. Keselamatan Anak Anda

Anda yang memiliki anak kecil, penting sekali untuk mempersiapkan keamanan car seat. Car seat yang terpasang dengan Isofix tentunya akan lebih aman. Sebuah penelitian tentang Isofix mengatakan bahwa car seat tidak mengalami banyak guncangan ketika dipasang dengan Isofix dibandingkan dengan sabuk pengaman.

2. Memudahkan untuk Pasang

Pemasangan car seat akan jauh lebih mudah dengan fitur ini. Jika sebelumnya Anda harus melilitkan sabuk pengaman untuk mengaitkan car seat, maka kini bisa menggunakan fitur Isofix yang tersedia di mobil Anda. Tidak memakan waktu lama dan juga tidak membuang banyak tenaga.

3. Meminimalisir Benturan

Dengan adanya fitur Isofix, car seat akan terpasang dengan kuat pada jok mobil Anda. dengan begini, benturan akan lebih berkurang karena car seat terpasang kuat. Jika terjadi kecelakaan, Anda tidak perlu khawatir car seat terguncang sehingga Anak Anda terkena benturan lagi karena Isofix dirancang untuk mengunci car seat agar tidak mudah bergerak.

4. Memudahkan Pengemudi untuk Konsentrasi

Manfaat lain dengan adanya fitur Isofix adalah pengemudi bisa lebih fokus menyetir. Seringkali anak mengganggu saat Anda berkendara. Hal ini akan sangat berbahaya karena mengganggu fokus pengemudi. Dengan adanya Isofix, car seat akan terpasang jauh lebih aman dan anak juga bisa duduk dengan mudah. Pengemudi bisa berkonsentrasi untuk mengemudi tanpa terganggu