Home   >   Jangan Panik Mogok Mobil di Jalan Tol – Lakukan 5 Hal Ini Sekarang Juga!

Tips

25 Aug 2021

Jangan Panik Mogok Mobil di Jalan Tol – Lakukan 5 Hal Ini Sekarang Juga!

Tiba-tiba merasa mobil mau mogok di jalan tol dan panik tentu sangat tidak nyaman. Selain menunda perjalanan, mobil tidak bisa langsung diperbaiki. Mencari bengkel di jalan tol memang tidak mudah dan tidak ada angkutan umum seperti di jalan biasa, bila itu terjadi pengemudi perlu mengetahui langkah-langkah yang harus diikuti, berikut langkah-langkahnya.

1. Parkir di bahu jalan

Saat dirasa mobil sudah mulai bermasalah dan akan mogok, pengemudi bisa langsung berhenti di bahu jalan tol dan jangan lupa untuk menyalakan indikator sein sebagai tanda. Jika memungkinkan mobil untuk bergerak lebih jauh, pengemudi bisa membawa mobil sampai rodanya menapak ke rerumputan.

Fungsi dari menepikan mobil di bahu jalan sampai rodanya menapak ke rerumputan adalah agar tidak menghalangi pengemudi lain yang menggunakan jalur kiri. Selain itu, meminimalisir resiko mobil tertabrak dan terserempet.

2. Nyalakan lampu peringatan bahaya/Hazard

Lampu peringatan bahaya dan lampu tambahan kecil yang menyala berfungsi sebagai sinyal bagi pengendara lain untuk berhati-hati jika mobil berhenti dalam keadaan darurat.

Lampu kekuningan dari lampu hazard juga dapat dilihat dari kejauhan untuk membantu pengemudi lain mengidentifikasi posisi kendaraan. Pengemudi lain juga dapat menghindari mengambil rute yang berbeda

3. Pasang segitiga pengaman
Setelah Anda menghentikan kendaraan di bahu jalan dan menyalakan lampu peringatan bahaya, segera pasang segitiga pengaman berwarna merah.

Sekitar 10 meter di belakang mobil dan posisinya harus lebih lebar 30-50 cm dari bagian luar mobil. Namun, dalam kemacetan lalu lintas, pengemudi dapat memasang segitiga pengaman hingga 5 meter di belakang mobil.

4. Jangan menunggu di dalam mobil.

Setelah semuanya selesai, penumpang mobil harus turun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini terjadi jika terjadi tabrakan dari belakang karena kendaraan lain yang melaju kencang untuk menghindari risiko kecelakaan.

5. Kontak dengan truk derek resmi.

Hubungi pengelola jalan tol dan truk derek resmi untuk mendapatkan bantuan di gardu tol terdekat.

Pengemudi mobil selanjutnya bisa langsung mendatangi bengkel resmi atau bengkel resmi terdekat untuk segera diproses mobilnya.

Inilah langkah-langkah yang harus diikuti pengemudi saat mobilnya mogok di jalan tol. Namun, untuk memastikan mobil tidak mogok lagi di jalan tol atau di tempat lain, selalu disarankan untuk memeriksa mesin kendaraan sebelum digunakan secara rutin. Perlu dilakukan pekerjaan perawatan dan perbaikan di bengkel agar mobil selalu aman dan nyaman digunakan