Home   >   Ini Dia Kelebihan Dari Mobil Dengan Mesin Diesel

Tips

17 Jan 2021

Ini Dia Kelebihan Dari Mobil Dengan Mesin Diesel

Di Indonesia ada 2 jenis mobil yang dibagi berdasar jenis bahan bakarnya. Jenis tersebut adalah mobil bensin dan mobil diesel. Masyarakat Indonesia sendiri lebih banyak menggunakan mobil bensin. Sementara itu mobil dengan mesin diesel memiliki image yang negatif bagi beberapa kalangan masyarakat.

Mobil diesel juga sudah identik dengan harganya yang lebih tinggi daripada mobil bensin, padahal harga tersebut berbanding lurus dengan material yang dipakai. Material untuk mesin diesel sangat berbeda dari mobil bensin, material yang digunakan cenderung lebih kuat. Mesin diesel sendiri biasanya digunakan pada mobil-mobil besar seperti SUV, Bus ataupun Truk.

Selain material yang digunakan lebih kuat daripada mesin bensin, terdapat juga beberapa kelebihan mesin diesel lainnya. Berikut adalah kelebihan mobil dengan mesin diesel.

1. Torsi Yang Melimpah

Torsi yang dihasilkan oleh mesin diesel tak perlu diragukan lagi. Walaupun mobil masih melaju pada rpm yang cukup rendah, namun torsi yang dihasilkan sangatlah melimpah. Hal ini sangat menguntungkan jika mobil sedang melewati jalan yang menanjak maupun sedang membawa barang yang berat. Oleh karena itu mobil-mobil besar biasanya menggunakan mesin diesel.

2. Lebih Irit Bahan Bakar

Mesin diesel ternyata lebih irit bahan bakar. Hal ini bisa terjadi karena mesin diesel memiliki kompresi yang lebih tinggi, sehingga panas yang dihasilkan lebih sedikit dan bahan bakar yang dikonsumsi menjadi tidak terlalu banyak.

3. Mesin Dengan Pengapian Otomatis

Kelebihan dari mesin diesel selanjutnya adalah sistem pengapian yang otomatis. Mesin diesel tidak menggunakan busi untuk proses pengapian, sehingga komponen yang digunakan pun tidak sebanyak pada mesin bensin dan hal ini dapat menguntungkan bagi pemiliki mobil bermesin diesel karena perawatan mesinnya akan lebih mudah.

4. Lebih Tangguh dan Tahan Lama

Ketangguhan dari mesin diesel sudah diakui oleh banyak orang. Karena torsi yang dihasilkan sangat melimpah, mobil bermesin diesel dapat melewati segala medan dengan mudah. Selain itu usia dari mesin diesel juga relatif lebih awet, hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya mobil mesin diesel dengan usia yang cukup lama masih memiliki performa mesin cukup tangguh.