Home   >   Kia Sonet dan Toyota Raize. Mana Yang Lebih Menarik?

Review

10 Aug 2021

Kia Sonet dan Toyota Raize. Mana Yang Lebih Menarik?

Jika Anda ingin menikmati fitur-fitur terkeren saat memilih SUV kompak, setidaknya Anda bisa mempertimbangkan dua kandidat tersebut. Ada Toyota Raize dan Kia Sonet di varian teratas. Keduanya berusaha tampil unggul melalui segudang keunggulan dengan diferensiasinya masing-masing. Tapi jangan khawatir, pertama-tama pertimbangkan diferensiasi sifat-sifatnya. Salah satunya bisa membuat Anda jatuh cinta.

Kia Sonet Premiere menawarkan nuansa mewah.

Kia Sonet yang awalnya dihadirkan, terutama trim premier, terlihat begitu mengesankan. Pada saat itu, tentu saja, dia membuka pintu ke pasar untuk crossover kecil dengan panjang sekitar empat meter untuk pertama kalinya. Namun, kedatangan pesaing yang tak kalah menarik bukan berarti menutup implan Sonet. Diferensiasi yang efektif, tidak ada pemain yang menawarkan nilai yang sama.

Dengan penawaran fitur, semua standar saat ini dipenuhi dengan cerdas. Dari lampu LED sampai akses kunci pintar. Bahkan membawa trik untuk menghidupkan mesin dari remote control. Namun di luar itu, nilai jual propertinya sendiri terletak pada klaim nuansa mewah.

Atap sunroof  sebagai pemancar cahaya yang bergaya. Bahkan lebih terasa saat Anda duduk di kokpit. Dari bentuk tombol, penempatan layar, hingga pahatan terlihat mewah sekali. Juga penggunaan material jok kulit berwarna hitam pada lingkar kemudi, gear knob dan jok kulit sintetis dengan aksen merah yang apik.

Dan fitur-fiturnya melengkapi semua itu. Tidak salah jika menilai Sonet membawa paket cita rasa otomotif kelas atas. Tentu saja, itu sifat-sifatnya. Sebut saja kursi berventilasi, AC otomatis dengan built-in dasbor, atau charger nirkabel. Selain itu, fasilitas hiburan termasuk fungsi konektivitas smartphone, sistem audio Bose dan panel instrumen hybrid. Cukup aktifkan cruise control jika ingin mudah dalam  berkendara.

Aspek keamanan juga tidak dilupakan. Airbag enam titik siap melindungi dari benturan. Sebelum terjadi kecelakaan, risiko diminimalisir dengan tersedianya berbagai perangkat proteksi stabilitas. Ini termasuk ABS dengan EBD dan Vehicle Stability Control (VSC). Ada dukungan seperti Hill Start Assist, kamera mundur, dan sensor parkir, tetapi untuk keselamatan berkendara, Kia Sonet tampaknya tidak banyak bicara di depan Toyota Raize 1.0 GR Sport TSS.

Toyota Raize 1.0 GR Sport TSS, menuntut juara.

Singkatnya, Toyota Raize tentu menawarkan nilai superior. Mainkan mantra teknik mengemudi tingkat lanjut di varian tertinggi. Embel-embel “TSS” adalah penunjuknya. Merupakan asisten berkendara aktif yang mampu mendeteksi objek sekitar mobil sampai melakukan bantuan koreksi kendali secara otomatis. Ya, Toyota Safety Sense (TSS) hadir pada model SUV ekonomis. Fitur TSS sendiri menawarkan pengalaman berkendara semi-otonom. Contoh cruise control adaptif. Ini tidak hanya secara otomatis mempertahankan kecepatan konstan, tetapi juga dapat menyesuaikan kecepatan lebih jauh dengan kendaraan di depan.

Mempermudah berkendara mobil bukan? Selain itu, ada keterampilan lain yang berpotensi meningkatkan keselamatan berkendara. Misalnya, Lane Departure Assist with Steering Control atau asisten keberangkatan jalur dengan kontrol kemudi. Jika perubahan jalur tanpa indikator terdeteksi, kendaraan mengeluarkan peringatan audiovisual untuk menerangi koreksi arah agar kembali ke jalur semula, karena logika sistem yang mengevaluasi perubahan tersebut adalah tidak sesuai dengan keinginan Pengemudi.

Fungsi sistem Pre-Collision System adalah salah satu yang paling penting. Setelah otak sistem mengevaluasi kemampuan kemudi kendaraan di depan, peringatan audiovisual segera dikeluarkan. Menginstruksikan pengemudi untuk segera berhenti. Ada juga dukungan seperti Pedal Malfunction Control. Minimalkan risiko tidak sengaja menabrak benda besar di depan Anda pada pedal akselerator saat parkir. Alarm keluar depan juga memperingatkan bahwa kendaraan di depan telah bergerak. Selain itu, Raize telah mengambil fungsi keselamatan dengan enam airbag serta perangkat stabilitas seperti ABS dan VSC.

Namun, itu tidak menawarkan nuansa halus seperti Sonet. Tidak ada sunroof, kursi berventilasi, atau sistem audio bermerek. Bisa dibilang Sonet terlihat lebih menawan, meski selera pribadi itu penting. Tapi itu tidak berarti bahwa Raize jauh lebih buruk dalam hal fitur lainnya. Nuansa masa kini masih tersampaikan dengan fungsi integrasi smartphone, AC otomatis, smart entry dan pencahayaan full LED.

Perbedaan harga sangat jauh.

Tradeoff antara keduanya mungkin tentang harga. Tidak berhak atas relaksasi PPnBM, Kia Sonet relatif mahal, tepatnya Rp 289 juta (OTR Jakarta). Sementara dengan selisih harga jauh di bawah itu, Raize termahal bisa dibawa pulang. Uang tebusan mulai Rp 263,7 untuk pilihan warna single tone atau Rp 265,9 juta untuk two-tone black roof.

Namun perlu diperhatikan bahwa harga Raize sudah termasuk potongan PPnBM. Ada kemungkinan penyesuaian akan terjadi jika Anda menerima perangkat setelah Agustus. Pemotongan pajak seharusnya hanya dikurangi menjadi 25%. Ya, namun Kia Sonet tetap terlihat lebih mahal dan tidak secanggih Raize. Jangan remehkan, karena ada perbedaan lain di area dapur pacu. Kia memasok unit 1-empat silinder.500 cc Dari segi tenaga, Sonet Pull lebih besar dengan notch 115 hp / 144 Nm yang disalurkan ke roda depan melalui gearbox iVT.

Toyota, di sisi lain, sebenarnya bermain-main dengan pengaturan turbo tiga silinder 1.000cc. sebagai unit 1000ccm kecil. Namun, performanya tidak sehebat Sonet. Hingga 98 hp dengan torsi 140 Nm. Transmisinya juga menggunakan CVT. Pada akhirnya, itu semua tergantung pada keputusan Anda. Keduanya tampak kompetitif.Harga yang lebih tinggi tidak berarti terlalu mahal, dan harga yang lebih rendah tidak berarti lebih buruk. Jika Anda menginginkan nuansa dan fitur kelas satu, Anda dapat melihat Sonet. Itu juga dilengkapi dengan mesin yang lebih bertenaga dan lebih senyap. Tapi misalnya, jika Anda ingin menikmati perlindungan fitur keamanan tingkat lanjut, Raize pasti menarik.

Rekomendasi Artikel: Toyota Land Cruiser 300 Hadir Dengan Opsi GR Sport Trim