Home   >   Kiat Membuat Suspensi Mobil Nyaman

Tips

07 Feb 2022

Kiat Membuat Suspensi Mobil Nyaman

Agar suspensi mobil bisa empuk kembali, caranya dengan membongkar kaki-kaki. Kalian pun bisa melakukan proses ini secara mandiri apabila memiliki skill di bidangnya. Namun jika tidak, sebaiknya serahkan saja pada teknisi yang sudah ahli, agar tidak menambah kerusakan.

Umumnya, pembongkaran suspensi pada mobil dengan mengimbangi penambahan shockbreaker. Lalu lakukan setting ulang agar bisa menyesuaikan kebutuhan. Namun proses ini tidak hanya berhenti di sini saja, karena masih harus memberi tambahan gas nitrogen dan juga oli.

Penambahan oli selama proses ini dimaksudkan agar pegas tidak cepat berkarat. Namun, jangan heran jika mobil menjadi kempes setelah mengikuti langkah-langkah meratakan suspensi. Melepas kaki-kaki bisa menyebabkan dimensi mobil mengecil. Namun, suspensi akan terasa lebih ringan dan nyaman dari sebelumnya.

Berikut ini langkah detail untuk membuat suspensi kembali empuk.

Beralih ke Per Keong atau Per Ulir

Cara pertama agar bisa membuat suspensi menjadi empuk yaitu dengan mengganti per ulir atau per keong. Akan tetapi, sebaiknya tanyakan terlebih dulu pada pihak bengkel apakah mobil bisa menggunakan per jenis keong ini. Karena jika kalian memaksakan penggunaan per ini, bisa saja menyebabkan mobil mendapat masalah baru. Misalnya menyebabkan terlepasnya mangkok, munculnya bunyi yang tidak nyaman, serta kendaraan bergoyang saat melintasi medan bergelombang.

Namun jika ternyata per cocok dengan mobil kalian, pilihlah per dengan menyesuaikan mobil serta pilih juga per yang paling empuk. Ketika memilih per keong atau per ulir, sebaiknya perhatikan beberapa spesifikasinya. Pilih per yang terbuat dari bahan baja, serta memiliki jarak lilitan yang rapat dan ukuran batang yang lebih kecil.

Menggunakan Shockbreaker Double Rebound

Agar suspensi pada kendaraan roda empat menjadi empuk, caranya dengan menggunakan suspensi yang biasanya terdapat pada mobil-mobil Eropa, yaitu suspensi double rebound. Hasilnya suspensi pada mobil akan lebih empuk dan lebih baik, karena suspensi double rebound mempunyai tambahan per. Untuk menggunakan shockbreaker ini, harus melakukan pembongkaran terlebih dulu.

Tak perlu khawatir jika mobil kalian tidak bisa menggunakan jenis suspensi ini. Pasalnya semua kendaraan roda empat bisa melakukan modifikasi untuk menggunakan suspensi double rebound, terlebih lagi mobil pabrikan jepang. Cara modifikasi ini efektif untuk membuat suspensi menjadi empuk.

Nah, jika suspensi sudah sangat keras maka langkah yang paling tepat yaitu menggantinya dengan yang baru. Kalian juga bisa menggunakan merek yang tidak sama dengan suspensi bawaan. Namun, pastikan terlebih dulu apakah suspensi tersebut cocok pada kendaraan kalian atau tidak. Tujuannya agar setelah penggantian suspensi ini, mobil bisa lebih terasa nyaman.

Cara membuat suspensi mobil kembali empuk diatas bisa kalian coba dengan menyesuaikan kondisi kendaraan. Dengan begitu berkendara bisa lebih nyaman layaknya menggunakan mobil mewah.

Refrensi Artikel: Harapan Rakyat