Home   >   Knalpot Bocor? Yuk Simak Cara Mengatasinya.

Tips

30 Jun 2021

Knalpot Bocor? Yuk Simak Cara Mengatasinya.

Knalpot bocor dapat membuat mesin turun dan pembuangan gas tidak bagus. Kebocoran inipada umumnya disebabkan oleh faktor usia, perawatan, hantaman benda ketika parkir atau sedang berkendara.

Kondisi ini harus segera ditangani agar kendaraan berjalan dengan normal. Dikutip dari Suzuki Indonesia (23/06/2021), ada sembilan cara yang dapat Sobat lakukan jika knalpot bocor.

1. Lem Besi

Cara yang pertama adalah pengolesan lem besi pada bagian knalpot yang bocor. Walau terdengar sederhana, barang tersebut bisa dibilang ampuh untuk menutup lupang bekas bocor itu. Dari segi kemudahan, lem besi banyak tersedia di toko bangunan terdekat.

2. Bungkus Rokok Bagian dalam

bungkus rokok biasa disebut aluminum foil. Kamu bisa menggunakan aluminum foil untuk memperbaiki bagian yang bocor dengan cara menempelkan kertas tersebut pada bagian yang bermasalah.

3. Penggunaan Lem Sealer

Lem sealer sudah banyak beredar di pasaran. Tentunya untuk penempatan pada knalpot, harus memilih varian yang tahan terhadap temperature tinggi.

4. Menggunakan Seal Tape Alumunium

Seal tape alumunium biasa digunakan pada panci bocor. Menariknya, alat tersebut bisa digunakan juga untuk menutupi kebocoran.

Pemasangan pun bisa dilakukan sendiri di rumah dengan cara mencari titik bocor di knalpot dan memasang seal tape pada titik tersebut. Sangat disarankan untuk menambah beberapa lapis supaya lebih rekat dan tidak berlubang.

5. Las Karbit

Cara paling umum dan banyak orang lakukan tentu saja menggunakan mengelas karbit. Beda dari metode lain, teknik ini lebih dianjurkan untuk dibawa ke tukang las langsung. Perlu dipastikan bahwa las yang kita pilih adalah las karbit, bukan las listrik.

6. Lem Biasa

Untuk menutup kebocoran di knalpot, benda yang digunakan harus mempunyai daya tahan panas tinggi. Beberapa lem dijual dengan daya tahan mencapai 1.100 derajat celcius. Produk-produk tersebut Kamu bisa gunakan untuk mengatasi kebocoran.

Perlu diingat untuk meratakan lem tersebut dan menyalakan motor/mobil. Panas dari mesin akan membuat lem lebih keras dan menutup lubang.

7. Ganti Paking

Jika menambal hasilnya kurang efektif, Kamu dapat mengganti paking knalpot. Suzuki menganjurkan untuk membawa kendaraan ke bengkel agar ditangani oleh ahlinya, sekaligus berkonsultasi mengenai jumlah atau pun material paking yang tepat.

8. Aluminium Foil

Sama seperti seal tape alumunium, alumunium foil sering digunakan pada saat memasak. Bedanya, barang ini tidak mempunyai perekat sehingga pemasangan lebih susah. Benda ini hanya bisa dipasang pada bagian leher ujung knalpot saja dan pemasangan harus telaten supaya proses penambalan merekat dengan baik.

9. Memanfaatkan muffler tape

Meskipun mirip dengan seal tape alumunium, muffler tape didesain khsusus untuk knalpot. Perbedaan ada di perekat yang lebih sesuai untuk tekstur knalpot. Cara pemasangannya masih sama dengan seal tape karena bentuk fisik yang serupa.  

Rekomendasi Artikel: Honda BR-V baru akan hadir dan lebih murah dari generasi lama?