Home   >   Lampu Sein Kendaraan Berkedip Cepat? Ini Penyebabnya!

Tips

16 Feb 2023

Lampu Sein Kendaraan Berkedip Cepat? Ini Penyebabnya!

Masalah dapat muncul dengan lampu sein kendaraan berkedip lebih cepat dari biasanya. Ada banyak jenis indikasi penyebabnya dan ini harus segera diatasi. Karena sinyal belok merupakan bentuk komunikasi yang penting dengan pengguna jalan lain. Lalu apa yang membuat sein mobil Anda berkedip lebih cepat dari biasanya?

Baterai (aki) Mobil Lemah

Salah satu faktor utamanya adalah aki mobil rendah atau kelebihan muatan. Baterai yang lemah tidak dapat memberikan arus listrik yang stabil untuk menyalakan lampu sinyal Anda saat bekerja. Sehingga lampu dapat berkedip lebih cepat.

Masalah Sistem Kelistrikan

Masalah pada lampu sein juga bisa menjadi indikasi rusaknya sistem kelistrikan, khususnya kabel yang rusak sehingga mengakibatkan arus listrik tidak stabil.

Regulator Tegangan Rusak

Regulator tegangan merupakan bagian penting dari sistem kelistrikan yang bertugas untuk mengatur besarnya tegangan yang diterima oleh lampu sein. Jika pengatur tegangan rusak, lampu sein akan menerima tegangan terlalu banyak atau terlalu sedikit sehingga menyebabkan flash cepat.

Konsumsi Daya Lampu Sein Terlalu Tinggi

Lampu sein yang menarik terlalu banyak daya dapat menyebabkan baterai bekerja lebih keras dari biasanya. Ini jadi penyebab lampu berkedip cepat. Lampu dengan teknologi LED memiliki konsumsi daya yang lebih rendah dan lebih efisien daripada versi konvensional sehingga lebih hemat energi dan tidak menimbulkan masalahnya yang kedip cepat.

Bohlam Lampu Putus

Bola lampu yang rusak terjadi karena tidak dapat menangani terlalu banyak arus listrik. Sebaliknya, arus listrik yang terlalu kecil juga dapat menyebabkan bohlam putus. Oleh karena itu penting untuk menggunakan iluminan yang sesuai dengan instruksi pabriknya.

Soket Kotor atau Rusak

Soket tempat lampu disimpan dapat menjadi kotor akibat penumpukan debu di dalamnya. Ternyata hal ini juga bisa menimbulkan masalah dan menyebabkan lampu anda berkedip cepat atau tidak berkedip sama sekali. Steker tidak hanya kotor, tetapi juga dapat rusak jika digunakan terlalu lama. Faktor lain yang menyebabkan tampilan bermasalah adalah memasang konektor yang longgar. (Mengutip: Auto2000)