Home   >   Sudah Masuk Musim Hujan, Ini Dia Tips Menghindari Aquaplaning

Tips

02 Feb 2021

Sudah Masuk Musim Hujan, Ini Dia Tips Menghindari Aquaplaning

Memasuki musim hujan, pengemudi harus lebih berhati-hati ketika sedang mengemudikan mobilnya. Karena semakin tinggi curah hujan semakin banyak juga resiko yang mungkin terjadi di jalan seperti permukaan jalan yang akan menjadi lebih licin, jarak pandang yang berkurang maupun resiko lainnya.

Oleh karena itu, saat sudah memasuki hujan seperti ini ada baiknya seorang pengemudi mobil untuk lebih meningkatkan lagi tingkat kewaspadaannya. Kondisi mobil harus selalu baik agar bisa mengurangi resiko yang akan terjadi. Salah satu resiko yang bisa dihindari ketika mobil dalam kodisi yang prima adalah terhindar dari aquaplaning.

Aquaplaning sendiri sering menjadi penyebab kecelakaan pada saat musim hujan seperti ini. Aquaplaning adalah kondisi dimana terbentuknya lapisan air diantara ban dengan permukaan jalan, sehingga mobil akan kehilangan kontrol akibat lemahnya traksi.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan agar terhindar dari aquaplaning di jalan.

1. Memperlambat Kendaraan Ketika Melewati Genangan Air

Memperlambat laju kendaraan ketika melewati genangan air adalah cara pertama yang bisa dilakukan agar terhindar dari aquaplaning.

2. Memeriksa Kondisi Ban

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah memeriksa kondisi ban sebelum jalan. Semakin buruk kondisi ban maka akan semakin tinggi juga resiko mobil mengalami aquaplaning.

3. Usahakan Hindari Genangan Air

Ketika mengemudi dalam kondisi hujan ataupun setelah hujan, usahakan untuk sebisa mungkin menghindari genangan air. Karena genangan air adalah faktor utama penyebab terjadinya aquaplaning.