Home   >   Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Tips

06 Jan 2021

Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Saat musim hujan datang, perawatan mobil harus dilakukan secara ekstra. Tidak bisa disamakan merawat mobil ketika musim hujan dan musim kering. Karena saat musim hujan, mobil lebih rentan terkena beberapa masalah yang mengganggu.

Contohnya seperti genangan air atau bahkan banjir yang dapat menyebabkan mobil kotor, berjamur bahkan mungkin merusak komponen kelistrikan. Oleh karena itu saat musim hujan mobil harus lebih sering dibersihkan.

Berikut adalah tips merawat mobil saat musim hujan agar mobil tetap sehat dan juga bersih.

1. Mobil harus selalu kering

source : freepik

Setelah menggunakan mobil dibawah guyuran air hujan, pastikan untuk langsung mengeringkannya. Karena apabila mobil tidak langsung dikeringkan, air hujan yang cenderung bersifat asam dapat merusak cat mobil dan juga dapat menimbulkan jamur pada kaca mobil.

2. Parkir di tempat yang tertutup

source : freepik

Apabila mobil sudah dikeringkan dan dicuci dari sisa air hujan, maka parkirlah di tempat yang tertutup. Jika tidak ada tempat tertutup, mobil bisa ditutup menggunakan cover mobil agar terhindari dari guyuran hujan jika sewaktu-waktu hujan kembali.

3. Selalu periksa kondisi Wiper

Wiper merupakan salah satu alat yang penting saat hujan datang, karena fungsi dari wiper sendiri adalah untuk selalu membersihkan kaca depan agar tidak tertutup oleh air hujan. Oleh karena itu, selalu periksa kondisi dari wiper mobil. Jika karet wiper telah kering maka segera diganti dengan yang baru, karena fungsi dari wiper tidak akan maksimal jika menggunakan karet yang telah kering.

4. Jangan melewati genangan air yang cukup dalam

Jika menghadapi jalanan yang memiliki genangan air cukup dalam lebih baik dihindari. Karena jika memaksa mobil untuk melewati genangan tersebut mesin dapat rusak karena air pada genangan berpotensi terhisap ke dalam mesin yang bisa menimbulkan kerusakan bahkan mogok seketika.