Home   >   Cara Merawat Setir Mobil

Tips

08 Feb 2021

Cara Merawat Setir Mobil

Banyak yang hal yang perlu dipersiapkan ketika ingin memiliki sebuah mobil, salah satu yang harus disiapkan adalah tentang perawatan mobil itu sendiri. Karena masih banyak orang yang sudah memiliki mobil akan tetapi masih belum tahu cara merawat mobil tersebut dengan baik dan benar.

Sehingga umur dari mobil yang dimiliki relatif tidak terlalu lama, karena mobil tersebut tidak dirawat secara benar. Merawat mobil sendiri tidak hanya terpaku kepada bagian mesin saja seperti mengganti oli ataupun air radiator. Akan tetapi mencakup keseluruhan dari mobil tersebut.

Mulai dari bagian eksterior seperti spion dan bagian kaca, bagian mesin hingga ke bagain interior dari mobil tersebut. Bagian interior dari mobil bisa dibilang adalah salah satu bagian yang sangat penting karena selalu ditempati oleh para penumpang dan pengemudi mobil. Pada bagian interior juga terdapat banyak bagian lainnya seperti jok, headunit dan juga setir mobil.

Setir merupakan bagian mobil yang paling sering disentuh. Sehingga setir akan cenderung lebih mudah kotor dan menjadi sarang kuman. Karena itu, para pemilik mobil perlu rutin untuk merawatnya. Berikut adalah cara merawat setir mobil agar selalu bersih dan tahan lama.

1. Selalu Mencuci Tangan Sebelum Menyetir

Yang pertama harus dilakukan adalah selalu mencuci tangan sebelum menyetir. Terlebih lagi jika sang pengemudi baru saja beraktifitas di luar rumah ataupun setelah makan. Setelah tangan dicuci jangan lupa untuk dikeringkan.

2. Membersihkan Setir Saat Mencuci Mobil

Saat sedang mencuci mobil, bagian interiornya jangn sampai terlewat. Oleh karena itu bagian setir mobil juga harus dibersihkan. Cukup membersihkan dengan lap basah saja agar terhindar dari debu dan kuman yang menempel, lalu setelah itu lap menggunakan lap kering.

3. Parkir Mobil Di Tempat Yang Tertutup

Memarkir mobil di tempat yang tertutup juga merupakan salah satu cara merawat setir mobil, karena hal ini dapat membuat terhindar dari sinar matahari langsung. Permukaan setir mobil dapat mengalami keretakan jika terkenan sinar matahari langsung.