Home   >   Jenis – Jenis Mobil Yang Sering DIjumpai Di Jalanan Indonesia

Tips

06 Jan 2021

Jenis – Jenis Mobil Yang Sering DIjumpai Di Jalanan Indonesia

Kendaraan roda empat saat ini merupakan salah satu faktor mengapa jalanan di Indonesia sangat padat. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan makin banyak inovasi yang dilakukan oleh masing – masing pabrikan mobil, jenis mobil yang ada di jalan makin beragam.

Setiap jenis mobil memiliki ciri khasnya sendiri – sendiri. oleh karena itu sebelum membeli mobil alangkah baiknya kamu untuk mencocokan kebutuhan kamu dengan karakter dari jenis mobil yang akan kamu beli.

Oleh karena itu, simak informasi berikut ini dan sesuaikan kebutuhan kamu dengan karakter dari jenis mobil yang ada. Berikut adalah jenis – jenis mobil yang sering dijumpai di jalanan Indonesia.

1. Sedan

ilustrasi : Toyota New Vios

Sedan merupakan mobil dengan ciri khas atap rendah, kap mesin menonjol ke depan, dan bagasi menjorok ke belakang. Sedan hanya mampu menampung hingga 5 orang saja. Biasanya mobil sedan memiliki segmen mewah seperti BMW, Mercedes-Benz maupun Lexus.

2. MPV

ilustrasi : Toyota Kijang-Innova

MPV atau Multi Purpose Vehicle adalah salah satu jenis mobil yang penjualannya paling baik diantara jenis mobil yang lain. Mobil MPV dapat digunakan sebagai pengangkut penumpang maupun kendaraan pembawa barang.

3. SUV

ilustrasi : Toyota Fortuner

Sport Utility Vehicle (SUV) memiliki ciri khas ground clearence yang bisa dibilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan mobil MPV. Masih banyak orang yang tertukar antara mobil SUV dengan mobl MPV. Yang sangat membedakan antara mobil SUV dengan MPV adalah dari bentuk body mobil tersebut, SUV cenderung memilik body yang lebih tangguh dibandingkan dengan MPV.

4. City Car

ilustrasi : Honda Brio RS

City Car merupakan mobil yang diperuntukan khusus jalanan dalam kota saja, karena City Car memiliki body yang kecil dan hanya dilengkapi dengan mesin berkapasitas kecil. Oleh karena itu mobil ini hanya diperuntukan bagi wilayah perkotaan saja, karena dengan body mobil yang kecil dan juga mesin berkapasitas kecil mobil ini dapat bergerak dengan lincah dan juga irit bahan bakar.

5. Hatchback

ilustrasi : Toyota Yaris TRD

Mobil jenis hatchback ini memiliki bagian depan yang mirip dengan sedan, yaitu bagian kap mesinnya menonjol ke depan. Akan tetapi yang menjadi pembeda antara sedan dengan hatchback adalah bagian belakangnya. Jika sedan memiliki bagian bagasi yang menjorok ke belakang, sedangkan hatchback memiliki bagian belakang yang lebih pendek. Oleh karena itu banyak orang yang mengatakan jika hatchback adalah ‘sedan yang terppotong’.