Home   >   Mobil Listrik Nissan-Mitsubishi Hanya Rp200 Jutaan?

News

12 Mar 2021

Mobil Listrik Nissan-Mitsubishi Hanya Rp200 Jutaan?

Nissan dan Mitsubishi dilaporkan Nikkei berencana meluncurkan mobil listrik berukuran kecil seperti kei car pada awal 2021. Mobil ini bakal dijual tidak lebih dari 2 juta yen atau di bawah Rp264,7 juta.

Murahnya harga jual mobil tersebut tak lepas dari rencana kedua produsen untuk membuat Kei Car berbasis listrik. Sehingga harga jual mobil listrik bisa lebih ditekan karena mengikuti skema yang diajukan pemerintah.

Jarak tempuh mobil listrik ini disebut dibatasi hanya sekitar 200 kilometer. Hal ini membuat baterai didesain lebih kecil hingga bisa menekan biaya produksi.

Harga murah kini jadi perhatian produsen otomotif untuk pasar Jepang. Mobil listrik dalam wujud kei car diprediksi bisa memberi dampak untuk volume penjualan kategori mobil listrik di Jepang yang saat ini kalah dibanding Eropa dan China.

Harga mobil listrik di Jepang saat ini dikenal mahal walaupun banderolnya sudah dipotong subsidi dari pemerintah.

Misalnya Nissan Leaf yang punya jarak tempuh 458 km, dijual 4,41 juta yen (Rp584,7 juta). Kei car Mitsubishi i-MiEV, mobil listrik produksi massal pertama di dunia yang sudah diputuskan pensiun bulan ini, dilego sekitar 3 juta yen (Rp396,8 juta).

Mobil listrik mungil Nissan dan Mitsubishi bisa jadi alternatif warga Jepang yang ingin memiliki mobil listrik dengan harga lebih terjangkau. Banderol tidak sampai 2 juta yen juga diperkirakan bisa lebih murah lagi bila terikat subsidi lokal tambahan misalnya di Tokyo, yang ingin meningkatkan subsidi hingga 450 ribu yen.