Home   >   Mobil Terendam Banjir, Segera Mengganti Oli Mesin Mobil

Tips

28 Oct 2022

Mobil Terendam Banjir, Segera Mengganti Oli Mesin Mobil

Pada akhir tahun 2022, hujan deras mengguyur Jakarta dan sekitarnya sehingga menimbulkan genangan air bahkan banjir. Tak sedikit mobil yang terendam air yang cukup tinggi akibat dampak banjir yang melanda jalan atau pemukiman warga. Jika mobil Anda kebanjiran, Anda harus segera mengganti oli mesin setelah genangan air surut.

Mengapa? Ini merusak komposisi oli dan kehilangan daya pelumasnya. Jika oli tidak memiliki daya pelumas, gesekan antar komponen mesin secara otomatis akan meningkat.

Akibatnya, komponen mesin lebih cepat aus bahkan bisa menjadi panas dan gagal karena gesekan yang berlebihan. Jadi jika mobil Anda pernah kebanjiran, ada baiknya segera bawa ke bengkel untuk diganti oli. dan periksa berbagai komponen lainnya.

Kalian tahu kan betapa pentingnya oli di dalam mobil. Anda tidak perlu pergi ke garasi untuk melakukan ganti oli, lho. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan beberapa alat sederhana. Terutama dalam situasi  pandemic  seperti ini, menjadi  sangat  berbahaya untuk keluar dan bertemu orang banyak.

Siapkan peralatan

Perlengkapan yang perlu anda persiapkan untuk ganti oli mobil rumahan adalah oli mobil yang memenuhi spesifikasi mobil, filter oli, panci oli, lap, kunci pas, dongkrak, DLL.

Ganti filter oli

Penggantian filter oli Penggantian filter oli mobil biasanya dilakukan bersamaan dengan penggantian oli mesin, meskipun ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa penggantian filter oli setiap dua kali penggantian oli mesin, karena oli yang bersih terkontaminasi oli yang kotor di filter oli dan risiko filter oli. Karena jika tersumbat dapat menyebabkan kerusakan mesin yang serius, filter oli baru tidak sepadan. Sambil menunggu oli mesin habis, filter oli bisa diganti.     Filter oli biasanya diganti setelah mobil melaju antara 10.000 dan 15.000 km. Setelah filter oli  lama dilepas dan semua oli  lama yang mengalir keluar dari tangki telah habis, Anda dapat memasang kembali filter oli baru dan jangan lupa untuk menutup kembali lubang pembuangan oli. Setelah itu, gunakan corong untuk mengisinya. Saat mengisi, pastikan level oli sesuai dengan kebutuhan mesin. Hindari  menambahkan terlalu banyak atau terlalu sedikit minyak karena akan sangat berbahaya.