Home   >   Mobil Baru Tahun 2021 Wajib Punya APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

News

25 Jan 2021

Mobil Baru Tahun 2021 Wajib Punya APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

Kasus kebakaran pada mobil seringkali terjadi. Kasus ini terjadi baik dalam keadaan mobil parkir, sedang berjalan bahkan saat sedang mengisi bahan bakar. Oleh karena itu, Kementrian Perhubungan mulai tahun 2021 ini mulai menetapkan aturan baru bahwa semua mobil baru wajib memilik APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Sebenarnya peraturan ini sudah ada sejak tahun 2020 lalu, Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020. Mobil baru yang wajib menggunakan APAR diterangkan dalam Pasal 2 Ayat 2:

“Kendaraan bermotor untuk kategori M1, N1, N2, N3, O1, 02, 03, dan 04 untuk mobil penumpang, mobil barang landasan mobil penumpang, dan landasan mobil barang wajib dilengkapi fasilitas tanggap darurat berupa alat pemadam api ringan,” demikian bunyi pasal tersebut.

Peraturan ini diberlakukan tidak lain untuk meningkatkan keselamatan para penumpang mobil dari sebuah kebakaran yang muncul. Semua mobil baru yang dijual pada tahun 2021 ini sudah seharusnya disediakan APAR oleh pihak penjual. Jadi bagi Anda yang ingin membeli mobil baru tahun ini tak perlu khawatir jika mobil yang dibeli tidak memiliki APAR.

Lantas bagaimana dengan mobil keluaran di bawah tahun 2021? Untuk mobil keluaran tahun lama atau di bawah tahun 2021 belum diwajibkan untuk memiliki APAR. Karena untuk saat ini yang diwajibkan hanya mobil keluaran tahun 2021 saja.