Home   >   Mobnas Vietnam, Vinfast, Tantang Tesla di Pasar Global

News

03 Dec 2021

Mobnas Vietnam, Vinfast, Tantang Tesla di Pasar Global

Ada yang menarik dari Los Angeles Auto Show yang berlangsung pada 19-28 November 2021 di Los Angeles Convention Center, AS. Acara ini merupakan salah satu pameran mobil terbesar di dunia dengan lebih dari 1000 jenis kendaraan mobil. dari berbagai jenis, dari mobil hingga truk, SUV, kendaraan listrik dan berbagai jenis kendaraan lainnya dengan teknologi terkini. Salah satu yang menarik dari acara auto show ini adalah hadirnya mobil listrik buatan Vietnam di pameran tersebut.

Tak hanya diwakili di pameran, mobil listrik buatan Vietnam ini langsung dijual dengan sistem pre-order untuk konsumen di AS: kemampuan memesan dua model SUV sekaligus, yakni VF e35 dan e36 di Los Angeles Auto Show November ini, yang juga menandai masuknya mobil nasional Vietnam ke pasar AS.

Vietnam National Auto Company berencana mengirimkan kendaraan listrik (EV) pertamanya dari Vietnam mulai Desember tahun ini. Vinfast sendiri memiliki kantor di California dan berencana membuka 60 showroom di AS tahun depan. sebuah fasilitas manufaktur di Amerika Serikat dan berambisi untuk terdaftar di Amerika Serikat untuk mendanai pertumbuhannya.

Selain Amerika Serikat, Vinfast juga membidik pasar Eropa tahun depan. Dengan begitu, mereka terang-terangan mempertanyakan dominasi Tesla sebagai produsen mobil listrik terkemuka dunia. Mobil buatan Vietnam ini hadir dengan program sewa aki, yang artinya harga aki belum termasuk dalam harga akhir. Vinfast menargetkan penjualan mobil listrik mencapai 15.000 kendaraan.

Kelahiran Vietnam National Automobile, Vinfast, adalah proses yang sangat cepat. Sejak didirikan pada tahun 2017, mereka langsung menginjak pedal gas dengan mendirikan fasilitas produksi seluas 355 hektar di Hai Phong, kota pelabuhan dekat Hanoi, yang terdiri dari 5 pabrik terintegrasi yang mengadopsi teknologi tercanggih yang ada saat ini telah dan memenuhi persyaratan Industri 4.0.

Dengan perkiraan investasi sebesar $1,5 miliar, mereka terus memperluas kapasitas produksinya untuk memenuhi target produksi 500.000 unit per tahun pada tahun 2025. Sistem ini dirancang dengan pemasok kelas dunia seperti FFT, EBZ dan Hirotec dan diproduksi oleh ABB dengan lebih dari 1200 robot. Teknologi ini akan membantu VinFast untuk terus meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas di semua area produksi.

David Beckham sebagai duta Vinfast di ajang Paris Motor Show 2018, Sumber: Reuters via bisnis.com
David Beckham sebagai duta Vinfast di ajang Paris Motor Show 2018, Sumber: Reuters via bisnis.com

Setahun setelah didirikan, Vinfast langsung memulai debutnya dengan ikut pada ajang pameran otomotif terbesar di dunia Paris Motor Show pada bulan Oktober 2018. Pada ajang tersebut mereka memperkenalkan kelahiran mobil prototype, sedan LUX A2.0 dan SUV LUX SA2.0. Tidak tangggung-tanggung Legenda hidup Manchester United (MU) David Beckham saat itu didapuk jadi duta VinFast untuk memperkenalkan mobil baru ini.

Sekitar setahun setelah diperkenalkan di ajang Paris Motor Show, akhirnya VinFast berhasil mengirimkan produk mereka kepada para konsumen pada bulan Juni 2019. Kedua mobil ini dibekali mesin BMW, berkapasitas 2.000 cc 4 silinder dan dijual dengan kisaran harga Rp 551 – Rp 670 juta untuk sedan dan Rp 704 – Rp 870 juta untuk SUV.

Pada tahun 2020 Vinfast berhasil menjual sekitar 30 ribu unit kendaraan dan memproyeksikan penjualan lebih dari 45 ribu unit di tahun ini. Mereka juga berencana untuk memulai produksi mobil kendaraan listrik, dengan rencana pengiriman domestik di dalam negeri dilakukan pada Desember 2021.

Mobil listrik inilah yang diperkenalkan pada ajang pameran otomotif di Los Angeles 2021 bulan November ini dan mulai dipasarkan di Amerika Serikat.

Rekomendasi artikel: Hindari Pencurian Mobil Dengan Langkah Ini!