Home   >   Penyebab Kaca Mobil Kusam

Tips

30 Aug 2022

Penyebab Kaca Mobil Kusam

Kaca merupakan salah satu bagian dari mobil yang memegang peranan penting terutama dalam hal visibilitas saat berkendara, namun masih banyak pengendara yang kurang mengetahui perawatan kaca mobil yang baik dan berdampak pada kondisi kaca pada permukaannya dari jamur hingga goresan halus yang menyebabkan kaca mobil menjadi kusam.

Kaca yang kusam tidak hanya mengganggu tetapi juga berpotensi berbahaya karena mempengaruhi jarak pandang saat mengemudi. Ini semakin buruk saat mengemudi di malam hari atau dalam cuaca buruk. Ada banyak penyebab kaca kusam. Penanganannya sangat bergantung pada seberapa kusam kacanya.

Berikut ini gejala-gejala yang membuat kaca mobil kusam:

1.    Timbulnya Jamur

Jamur kaca memang sangat mengganggu, karena akan membuat kaca buram dan sinar lampu akan terlihat berpendar di malam hari. Tak hanya menggangu tapi juga berbahaya karena akan mengganggu konsentrasi mengemudi Kamu. Namun untuk mengatasi jamur pada kaca tak bisa sembarangan, karena membutuhkan penanganan profesional, lantaran akan membutuhkan bantuan cairan kimia. Penanganan yang salah akan membuat kaca bergelombang dan semakin mengganggu.

2.    Baret-baret Halus

Mirip dengan bodi mobil pada umumnya, baret halus juga bisa hinggap di kaca. Penyebabnya bisa dikarenakan kerja wiper yang sudah aus pada bagian karetnya, sehingga rangka besi menggores permukaan kaca.

Penyebab lainnya adalah kebiasaan yang keliru saat mencuci mobil, yakni saat mengelap atau menyeka air, sehingga menimbulkan baret. Untuk menghilangkan bare halus, maka Kamu butuh bantuan gerai poles mobil yang terpercaya.

3.    Timbul Retakan Pada Kaca

Retaknya pada kaca umumnya disebabkan karena hantaman kerikil kecil saat berkendara di kecepatan tinggi. Untuk menanggulanginya akan sangat tergantung dari tingkat keretakan di kaca.

Jika ringan hingga sedang dimensi retaknya maka masih bisa dilakukan perbaikan dengan teknis khusus. Namun jika dimensi retaknya sudah besar, maka terpaksa membutuhkan penggantian kaca depan secara utuh.

4.    Lapisan Embun yang Tebal

Embun umumnya hadir akibat perbedaan suhu di luar dan dalam mobil. Timbulnya embun ini bisa diatasi dengan mengatur kembali tingkat suhu pada AC mobil Kamu. Namun jika sudah parah dan sulit hilang, kemungkinan sudah diperparah dengan hadirnya jamur. Sehingga membutuhkan penanganan lebih serius.