Home   >   Penyebab Knalpot Mobil Bau

Tips

04 Jul 2022

Penyebab Knalpot Mobil Bau

Mobil sudah menjadi salah satu alat transportasi darat yang paling digemari, bahkan sekarang model dan merknya semakin beragam, dikarenakan banyaknya merk mobil yang bisa anda dapatkan tentunya anda harus menjaga diri dan memilih kendaraan yang nyaman. Kenyamanan ini bisa hadir jika mobil dirawat dengan baik.

Kenyamanan merupakan faktor penting saat mengendarai mobil. Dengan perawatan rutin, komponen kendaraan dapat berfungsi secara optimal. Ini adalah cara Anda menghindari bau asap knalpot mobil. Knalpot mobil yang bau bisa jadi pertanda ada yang tidak beres dengan kendaraan Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa yang dapat terjadi pada kendaraan Anda. Anda mulai dengan penyebabnya dan cara memperbaikinya.

Kerusakan atau kebocoran sering terjadi pada komponen-komponen kendaraan yang membuat gas buang sangat mengganggu, salah satunya menimbulkan bau yang tidak sedap atau menusuk, oleh karena itu diperlukan penanganan yang tepat dan cepat agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah lagi.Bahkan akan mempengaruhi kenyamanan saat berkendara. Jika perjalanan terganggu, hal buruk bisa terjadi. Selain itu, asap knalpot mobil yang bau juga bisa mengganggu pengendara lain.

Kendaraan dioperasikan dengan komponen yang berbeda. Mobil terdiri dari banyak komponen dengan fungsi yang berbeda-beda. Namun, sebagai pemilik kendaraan, Anda perlu merawatnya dengan baik. Sehingga komponen tersebut dapat berfungsi secara optimal.Salah satu gejala mobil bermasalah dengan komponennya adalah asap knalpot. Jika asapnya berbau menyengat atau tajam, berarti ada masalah.

Asap knalpot mobil yang berbau tidak sedap bisa disebabkan oleh banyak hal. Padahal, gejala ini bisa muncul di mana saja. dan dapat menimbulkan bau knalpot mobil sewaktu-waktu. Karena ketika itu terjadi, tentunya ada beberapa komponen yang bermasalah.

Oli Terbakar

Masalah pertama yang bisa mengakibatkan asap knalpot mobil bau karena oli terbakar. Bau sangit akan terjadi karena oli terbakar pada ruang pembakaran. Pada umumnya, hal ini terjadi karena adanya kebocoran pada mesin. Sehingga mengakibatkan oli merembes ke saluran pembakaran.

Ketika hal ini terjadi, asap knalpot akan menimbulkan bau menyengat. Sebaiknya cek kondisi mesin agar tidak memberikan dampak buruk pada kendaraan.

Catalytic Converter Tidak Berfungsi

Masalah lain yang bisa terjadi yaitu catalytic converter tidak berfungsi. Catalytic converter itu sendiri merupakan komponen penting dalam mobil. Fungsi komponen tersebut yaitu menyaring hidrogen sulfida pada bagian knalpot. Ketika komponen bermasalah, tentu bisa menyebar ke seluruh bagian mobil. Bau yang terjadi tersebut akan mengganggu kenyamanan pengemudi. Bahkan bisa menimbulkan tingkat ketidaknyamanan tinggi. Penting untuk mengatasi asap knalpot mobil bau.

Kopling Selip

Masalah pada mobil cukup beragam. Tidak hanya pada kedua kerusakan sebelumnya. Namun, kini juga bisa terjadi pada kopling mobil yang selip.

Hal ini bisa terjadi karena adanya keausan pada kopling. Ketika masalah ini terjadi, sebaiknya segera mengatasinya. Sebab, bisa menimbulkan bahaya. Maka dari itu, Anda perlu mengecek asap knalpot mobil yang bau. Jika kampas aus, segera ganti dengan yang baru. Sebab, keausannya tersebut bisa menurunkan performanya. Sebagai pemilik kendaraan, sebaiknya lakukan perawatan dan pengecekan secara rutin.

Asupan Bensin Berlebih

Masalah yang satu ini bisa saja terjadi ketika mobil dijalankan. Kondisi yang terjadi, yaitu rasio asupan bensin lebih banyak dari udara. Sehingga menimbulkan bensin tidak terbakar sempurna dalam ruang bakar. Ketika knalpot mengeluarkan aroma bensin, menjadikan gejala masalah tersebut terjadi.

Hal ini mengakibatkan mobil lebih boros bahan bakar. Sebaiknya bawa ke bengkel untuk bisa diatasi segera.