Home   >   Penyebab Mobil Boros Bensin. Anda Harus Tau!

Tips

15 Mar 2021

Penyebab Mobil Boros Bensin. Anda Harus Tau!

Dikutip dari Suziku, Penyebab mobil boros bensin ada beragam. Setiap pengendara mobil tentunya ingin konsumsi bahan bakar di kendaraannya irit atau tidak boros. Anda bisa mencari tahu penyebab mobil boros bensin agar dapat memperbaiki kondisinya. Semakin dini terdeteksi, semakin cepat pula teratasi. Masih ada peluang untuk membuat mobil kembali irit bahan bakar sehingga Anda pun dapat kembali hemat dan efisien.

Yuk, simak penyebab bensin boros yang mungkin terjadi pada Anda.

1. Menunda penggantian oli rutin

Penyebab mobil boros bensin yang satu ini umum terjadi, di mana pengendara terus menunda servis mobilnya. Padahal ketika rutin diservis, otomatis oli pada mobil akan diganti. Ini penting, terlebih untuk mobil yang dipakai setiap hari.
Jarak rata-rata setiap mobil untuk ganti oli adalah 10.000 km jika pemakaian hanya pulang pergi kantor, namun jika kami driver online sebaiknya mengganti oli setiap 5.000 km. Apabila melewati jarak tersebut, maka bisa mengakibatkan penurunan kualitas pada oli. Akibatnya, kinerja mesin berkurang dan menyebabkan bensin menjadi boros.

2. Masalah pada ban

Bagian mobil yang paling sering dimodifikasi adalah roda atau ban. Banyak pengguna atau pemilik mobil mengubah tampilan ban kendaraan mereka dengan memasang pelek yang lebih lebar dan rim yang lebih besar. Modifikasi seperti ini mungkin dapat memberikan keuntungan secara estetika dan fungsional, yaitu membuat mobil terlihat lebih keren serta menambah grip kendaraan. Namun, hal ini akan menambah bobot dan gaya gesek ban. Laju rolling resistance mobil pun kian terhambat. Akibatnya, mobil jadi boros bensin karena memerlukan tenaga ekstra alias memakan lebih banyak bahan bakar untuk melaju.

Untuk mengatasi mobil boros bensin karena sebab ini, ganti ban dengan ukuran yang lebih kecil atau standar. Sekarang ada pula teknologi terkini berupa eco tire yang dapat Anda jadikan opsi. Eco tire adalah ban yang memiliki unique selling point sebagai ban hemat bahan bakar. Di kalangan pengguna mobil LCGC atau MPV, ban ini telah mendapat cukup banyak perhatian dan peminat. Tak ada salahnya jika Anda juga ikut menjajal dengan memasang eco tire pada kendaraan kesayangan.

3. Filter bensin kotor

Filter bensin adalah bagian yang wajib dibersihkan tepat waktu. Filter bensin harus dibersihkan dan wajib diganti setiap interval 30 ribu km hingga 40 ribu km. Tujuannya agar bensin yang disalurkan ke ruang bakar selalu bersih. Ketika bensin yang dipasok kotor, maka akan membuat lebih boros BBM karena kotoran yang masuk ke ruang bakar. Tentu saja jika dibiarkan terus menerus akan menimbulkan kerusakan pada ruang bakar mobil.

4. Penggunaan AC yang terlalu dingin

Semua mobil kini sudah dilengkapi dengan Air Conditioner. Kehadiran AC dalam kabin membuat penumpang nyaman, tapi perhatikan juga bagaimana cara menggunakannya.
Saat siang hari ketika cuaca panas, kebanyakan orang cenderung menghidupkan AC sampai paling dingin. Padahal cara ini salah karena semakin dingin AC, maka bahan bakar yang digunakan juga semakin banyak.

5. Pakai bahan bakar yang tidak tepat

Penyebab bensin boros juga bisa dikarenakan salah menggunakan bahan bakar. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai rekomendasi pabrikan, bisa membuat sistem pembakaran tidak sempurna.

6. Kebocoran pada knalpot

Bagian knalpot seringkali luput dari perhatian, karena knalpot bocor bisa jadi sumber penyebab bensin boros. Gas buangan dari pembakaran bahan bakar dilakukan melalui knalpot. Ketika sistem bermasalah pada pembuangan gas seperti bocor, maka bensin yang digunakan akan lebih besar. Sebaiknya perhatikan ketika terjadi knalpot bocor pada mobil dan harus segera diatasi.