Home   >   Perawatan Mobil Yang Harus Diperhatikan

Tips

21 Oct 2022

Perawatan Mobil Yang Harus Diperhatikan

Melakukan servis mobil selalu menjadi hal yang harus dilakukan ketika Anda memiliki kendaraan, apalagi jika kendaraan yang Anda miliki adalah mobil Bekas atau mobil yang cukup bagus yang sedang diperjualbelikan tua. Perawatan mobil secara rutin atau service rutin penting dilakukan karena bertujuan untuk menjaga mobil dalam kondisi prima, baik dalam perjalanan pendek maupun jauh. Mobil yang digunakan untuk perjalanan jarak jauh umumnya mengalami perjalanan yang identik dengan kemacetan, sehingga mobil yang melaju 8-10 jam sehari bisa menjadi 20-24 jam. Ini memberi tekanan pada mesin dan komponen mobil. Bayangkan apa yang terjadi ketika komponen mobil Anda mogok di tengah jalan. Oleh karena itu, perawatan mobil yang menyeluruh sangat penting!

Ada beberapa poin penting dalam memeriksa apakah ini masalahnya:

Ban

Periksa ban dari penyok dan kebocoran. Tekanan udara yang cukup; Biasanya ada stiker rekomendasi di pintu pengemudi. Bersihkan dan seimbangkan ban jika perlu, serta ganti ban jika perlu. Ban serep harus dalam kondisi optimal, sebagai tindakan pencegahan kita bisa memasukkan cairan kembung otomatis di semua ban.

Rem

Periksa jumlah oli dan kesesuaian oli. Pemeriksaan bantalan rem hanya dapat dilakukan oleh ahlinya.

Suspension

Dalam rangkaian perawatan mobil, pemeriksaan suspensi dibagi menjadi 2memeriksa shock absorber dari kebocoran memeriksa dudukan karet suspensi.

Oli mesin

Saat perawatan mobil sebaiknya oli diganti dengan oli tahan panas yang berkualitas tinggi, karena saat mesin mati, mesin akan otomatis panas, oli kualitas rendah akan lebih mudah menguap, dan kandungan oli akan lebih sedikit. Banyak video online menjelaskan perbandingan antara oli berkualitas dan oli biasa.

Coolant (air radiator)

Perawatan radiator mobil penting karena kita belajar dari pengalaman sesampainya di rumah. Banyak dari kita melihat mobil di pinggir jalan dengan kap mesin terbuka dan keluar uap panas dari mesin, yang biasanya disebabkan oleh mesin yang terlalu panas, sehingga tekanan di radiator meningkat hingga akhirnya ada bagian yang pecah. dari overheating adalah bahwa air di radiator diisi dengan air biasa. (Air kondensat AC) Ini bukan masalah saat mobil berjalan, tapi saat macet parah, air tidak cukup untuk mendinginkan mesin dengan cepat.

Faktor kedua adalah motor fan yang rusak, kerusakan motor fan belum tentu motor fan mati total, terkadang kipas masih hidup tapi lambat, sehingga angin tidak cukup kencang mendorong. Sistem pendingin diperiksa secara menyeluruh sebelum mengemudi dan jika mobil Anda masih menggunakan air, itu normal untuk mendinginkannya, lalu segera ganti dengan cairan pendingin sebelum dapat menyebabkan masalah di jalan.

Tune Up

Salah satu rangkaian layanan perawatan kendaraan adalah tune up pada mobil modern lebih kepada proses pembersihan sistem pembakaran mobil. Sobat, baik solar maupun bensin, sama-sama membutuhkan pengecekan rutin, pengecekan bisa mengembalikan mesin yang hilang. Performa dengan pembakaran yang tidak efisien, menghilangkan rasa geli pada mesin bensin dan mengurangi asap hitam pada mesin diesel. Sehingga saat anda melakukan perjalanan jarak jauh, konsumsi bahan bakar mobil teman anda tidak akan berlebihan.

Busi

Selama perawatan kendaraan, busi mesin bensin harus diperiksa dan diganti jika sudah tidak layak
pakai lagi.

Filter udara dan filter bensin/solar

Saat menyervis kendaraan, disarankan untuk mengganti semua filter (jika perlu) untuk memastikan perjalanan panjang bebas masalah.

Air Conditioning / Air Conditioning

Dalam perawatan mobil, penting untuk memeriksa bagian AC karena AC merupakan kebutuhan dasar pengemudi di kemacetan lalu lintas. Teman dan keluarga tidak ingin terlalu panas. Pada dasarnya, AC mobil perlu diperiksa. oleh bengkel berpengalaman. AC mobil harus maksimal dingin dan tekanan freon harus normal, hembusan angin dari kipas angin juga maksimal dan tidak berbau.

Freon harus R134a (untuk mobil baru) murni dan tidak terkontaminasi karena dapat membahayakan kesehatan. Filter AC harus bersih dan bebas dari debu dan jamur. Untuk pendinginan yang maksimal, evaporator juga harus dibersihkan. Perawatan di bengkel tidak boleh asal-asalan sobat.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda lebih berhati-hati sebelum mempercayakan perawatan mobil Anda ke bengkel pilihan Anda.