Home   >   Perbedaan SUV dan MPV. Mana Yang Cocok Untuk Anda?

Tips

07 May 2021

Perbedaan SUV dan MPV. Mana Yang Cocok Untuk Anda?

Di Indonesia banyak sekali jenis mobil dipasaran seperti mobil sedan, hatchback, SUV, MPV, minivan, dan masih banyak lagi. Pasti Sobat Mobilagi udah tidak asing lagi dengan SUV dan MPV. Mayoritas pengguna mobil di Indonesia menggunakan dua tipe mobil tersebut. Namun masih banyak yang bingung apa sih perbedaannya.

Yuk langsung simak aja apa perbedaannya.

Mobil SUV

Mobil SUV merupkan singkatan dari sport utility vehicle. Mobil ini memiliki desain yang mirip dengan mobil offroad, namum dengan penambahan aksen sporty membuat mobil ini diberi nama SUV.

Mobil SUV memiliki tenaga mobil dan torsi yang besar yang dibekali dengan mesin berkapasitas diatas 1500 cc sehingga mobil ini cenderung boros BBM.

Mobil SUV sendiri memiliki tiga katagori, yaitu;
Compact SUV yang memiliki tampilan crossover, berbodi mini, dan hanya memiliki empat kursi penumpang. Mobil ini sering dipakai di perkotaan yang padat karena memiliki kemampuan bermanuver baik di situasi macet.

Medium SUV memiliki bodi lebih besar dari compact SUV dan memiliki tujuh kursi.

Big SUV memiliki bodi yang besar yang sering dijadikan mobil penerjang area pegunungan atau perkotaan.

Mobil MPV

Mobil MPV merupakan singkatan dari Multi-purpose Vehicle. Dari artinya sendiri mobil ini tentu memiliki banyak fungsi seperti mengangkut penumpang atau barang karena kursi belakangnya biasanya dapat dilipat sehingga dapat memuat barang atau penyimpanan.

Mobil MPV dilengkapi dengan mesin berkapasitas dibawah 1500 cc dan cenderung mengkonsumsi BBM yang minim karena MPV sendiri memang lebih ditujukan sebagai mobil keluarga.

Sama seperti pada mobil SUV, mobil MPV juga memiliki perbedaan jenis mobil di dalamnya;

Low MPV merupakan mobil MPV yang memiliki fitur sederhana, bodinya tidak terlalu besar, mampu menunjang akomodasi sehari-hari dan irit bahan bakar.

Medium MPV merupakan mobil penumpang satu tingkat diatas low MPV, dengan karakter lebih besar bodinya serta lebih lengkap fiturnya.

Premium MPV merupakan kelas teratas dari MPV, yang memiliki body besar dan interior yang lebih berkelas.