Home   >   Perlengkapan Yang Wajib Ada di Mobil

Tips

13 Jan 2021

Perlengkapan Yang Wajib Ada di Mobil

Menggunakan mobil pribadi sebagai alat untuk penunjang aktifitas sehari-hari tentu saja dapat memberikan berbagai macam keuntungan dibanding dengan menggunakan motor ataupun transportasi umum. Salah satu keuntungan yang didapat adalah kenyamanan. Akan tetapi masih banyak yang belum tahu bahwa ada beberapa alat dan perlengkapan yang harus selalu ada di dalam mobil.

Bahkan alat dan perlengkapan tersebut juga sudah tertuang pada Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 57 Ayat 3. Dalam Undang-undang tersebut disebutkan bahwa sekurang-kurangnya ada 7 jenis alat dan perlengkapan yang wajib ada di mobil. Berikut adalah perlengkapan yang wasjib ada di mobil berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 57 Ayat 3.

a. sabuk keselamatan
b. ban cadangan
c. segitiga pengaman
d. dongkrak
e. pembuka roda
f. helm dan rompi pemantul cahaya
g. peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas

Namun masih ada beberapa alat dan perlengkapan lain yang wajib dibawa saat ingin berkendara menggunakan mobil. Alat dan perlengkapan ini tak kalah pentingnya dari yang sudah dijelas di atas. Berikut adalah beberapa alat dan perlengkapan lain yang wajib ada di mobil.

1. Kabel Jumper

source : freepik

Kabel jumper merupakan alat yang berfungsi untuk menyalakan sebuah mobil mogok yang disebabkan oleh aki soak. Cara kerja dari kabel jumper sendiri adalah dengan mengalirkan listrik dari aki atau sumber listrik yang masih sehat ke aki yang telah soak, dengan begitu mobil yang mogok dapat dinyalakan kembali.

2. Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

source : freepik

Alat ini juga perlu dibawa di dalam mobil untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang dapat menimbulkan api. Menggunakan APAR ini juga tentu saja lebih efektif untuk memadamkan sebuah kobaran api daripada menggunakan air biasa.

3. Buku Manual

source : freepik

Perlengkapan lain yang tak kalah penting selanjutnya adalah buku manual, karena pada buku manual tertuang seluruh informasi mengenai mobil. Oleh karena itu jika mengalami suatu masalah saat dalam perjalanan dan tidak tahu penyebab dan cara mengatasinya, Anda dapat menemukan jawabannya pada buku manual.