Home   >   Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil Listrik

News

03 Aug 2022

Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil Listrik

Tren mobil listrik sudah marak beberapa tahun terakhir ini, mobil listrik dianggap sebagai solusi permasalahan lingkungan dan bahan bakar yang semakin langka, selain itu pajak kendaraan ini juga jauh lebih murah dibandingkan pajak kendaraan konvensional. Tentu saja, ia hadir dengan beberapa fitur luar biasa yang tidak dimiliki kendaraan konvensional dan itu akan membuat banyak orang tertarik. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil listrik. Berikut beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum menampilkan kendaraan listrik futuristik terbaik di garasi Anda.

Pahami Kebutuhan Anda

Sebelum membeli kendaraan listrik, Anda perlu memahami apa tujuan Anda membeli mobil baru. Hal ini penting agar Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari kendaraan Anda dan tidak direpotkan dengan proses perawatan. Kendaraan dapat digunakan untuk jarak pendek dan jauh, tetapi sekali lagi itu tergantung pada berapa kilometer yang dapat Anda tempuh dengan sekali pengisian daya.

Jika Anda ingin membeli mobil listrik, Anda perlu mempertimbangkan berapa kilometer yang dapat ditempuh dengan sekali pengisian daya. Jangan membeli kendaraan listrik dengan jarak tempuh rendah, meskipun untuk perjalanan ke luar kota karena akan sulit untuk menemukan stasiun pengisian.

Ketahui Dimana Charging point

Indonesia telah membangun berbagai infrastruktur titik charging yang tersebar di berbagai daerah. Jika Anda menggunakan kendaraan listrik untuk kebutuhan sehari-hari atau bahkan untuk perjalanan ke luar kota, Anda perlu mengetahui di mana titik-titik pengisian berada. Ini penting agar Anda tahu kapan harus berhenti mengisi daya. dan kapan dilanjutkan Beberapa titik pengisian baterai di wilayah DKI Jakarta-Jawa Tengah-Jawa Timur antara lain:

– Senayan City Jakarta
– AEON Mall Serpong
– Tangerang City Mall
– PLN Kantor Pusat
– PLN UID Jaya DKI Jakarta
– PLN UID Jawa Barat
– PLN IUD Bali
– PLN UID Jawa Tengah dan DIY
– PLN ULP Embong Wungu, Surabaya
– Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Tangerang
– SPBU Pertamina Kuningan Jakarta Selatan
– Kantor BPPT Thamrin Jakarta
– Kantor BPPT Serpong
– Kantor PT LEN Bandung
– Rest Area Jakarta-Surabaya
– Rest Area KM 207 A Palikanci
– Rest Area 379 Batang
– Rest Area KM 519 A Sragen
– Rest Area KM 519 B Sragen

Mengetahui berapa lama pengisian daya berlangsung

Anda perlu mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya mobil listrik. Cara mengetahuinya mudah. Hitung berapa energi yang dibutuhkan dan berapa kapasitas pengisiannya, karena setiap kendaraan listrik memiliki waktu pengisian yang berbeda-beda.

Mengetahui perawatan

Perawatan kendaraan listrik tentunya berbeda dengan perawatan kendaraan konvensional. Perbedaan ini terletak, misalnya, dalam pelumas atau produk berminyak, sistem perawatan dan waktu. Perhatian juga harus dilakukan untuk tidak overcharged kendaraan listrik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. tidak terjadi perawatan baterai juga penting untuk dipahami.

Karena ini adalah kehidupan utama kendaraan listrik Anda. Secara umum, servis kendaraan listrik lebih mudah dan murah dibandingkan servis kendaraan konvensional. Oleh karena itu, kendaraan seperti ini akan lebih bermanfaat bagi Anda yang sibuk.

Pahami pajak

Ingin membeli mobil listrik agar terhindar dari pajak? Jangan salah, mobil listrik juga dikenai pajak, tetapi pajaknya tidak setinggi mobil konvensional. Biaya tersebut bahkan sudah termasuk SWDKLLJ (iuran wajib dana kecelakaan lalu lintas).