Home   >   Posisi duduk yang benar saat mengemudi

Tips

05 Mar 2021

Posisi duduk yang benar saat mengemudi

Saat mengemudikan sebuah mobil, posisi duduk adalah salah satu faktor yang sangat menentukan kenyamanan dalam mengemudi. Seorang pengemudi harus duduk dalam posisi yang paling nyaman agar dapat berkendara lebih maksimal. Tapi posisi duduk yang nyaman sendiri belum tentu merupakan posisi duduk yang aman.

Karena selain posisi duduk, pengemudi juga harus memperhatikan posisi dari tangan dan posisi kaki. Karena apabila posisi tangan dan kaki dari pengemudi salah, maka hal tersebut dapat membahayakan si pengemudi itu sendiri. Oleh karena itu simak informasi berikut tentang posisi mengemudi yang benar.

1. Posisi duduk

Usahakan punggung menempel pada bagian jok mobil, karena dengan cara duduk seperti ini akan membuat sang pengemudi menjadi lebih rileks dan nyaman. Selanjutnya sesuaikan posisi duduk agar bisa melihat kaca spion ataupun menjangkau bagian head unit dengan leluasa.

2. Posisi tangan

Seoranga pengemudi dapat menggunakan arah jam sebagai panduan untuk meletakan posisi tangan ketika menyetir yang benar. Posisi tangan yang benar adalah seorang pengemudi harus meletakan tangan pada arah jam 9 dan jam 3, karena pada posisi ini tangan pengemudi dapat dengan mudah menjangkau tuas lain yang berada di setir mobil.

3. Posisi kaki

Posisi kaki ini sebenarnya tergantung kepada jenis mobil apa yang dikendarai, apakah mobil manual atau mobil matic. Untuk mobil manual, usahakan kaki kiri agar tidak selalu berada pada pedal kopling. Sedangkan untuk mobil matic, kaki kiri sepenuhnya berada pada footrest, hanya kaki kanan saja yang bekerja menginjak pedal gas dan rem.