Home   >   Lakukan Hal-Hal Ini Jika Rem Mobil Tiba-Tiba Blong

Tips

01 Mar 2021

Lakukan Hal-Hal Ini Jika Rem Mobil Tiba-Tiba Blong

Sistem pengeraman pada mobil merupakan salah satu faktor yang paling penting ketika mobil sedang berjalan. Tak jarang ditemukan bahwa rem pada sebuah mobil sudah kotor maupun sudah berkarat, hal itu biasanya disebabkan karena sang pemilik mobil tidak membersihkan sistem pengeraman secara menyeluruh.

Selain itu, ada beberapa masalah yang dapat muncul jika sistem pengereman pada mobil kurang diperhatikan. Salah satu yang paling berbahaya adalah rem blong. Rem blong adalah disfungsi rem yang menyebabkan sistem pengereman tidak bekerja dengan baik, bahkan tidak berfungsi sama sekali. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor yaitu minyak rem yang sudah habis ataupun kanvas dan piston rem yang sudah tidak layak pakai.

Kondisi rem blong ini bisa datang kapan saja, walaupun sudah melakukan perawatan maksimal kondisi ini bisa saja tiba-tiba datang. Jika Anda mengalami rem blong ketika sedang berkendara, lakukan hal-hal berikut ini untuk mengurangi resiko dari hal-hal yang tidak diinginkan.

1. Menurunkan Gigi Secara Bertahap

Rem blong biasanya terjadi ketika mobil sedang melaju pada rpm tinggi. Oleh karena itu, jika Anda sedang melaju dalam rpm yang tinggi lalu rem tiba-tiba blong, turunkan gigi secara bertahap. Jangan menurunkan gigi secara tiba-tiba, misalnya langsung menurunkan gigi dari gigi 5 langsung ke gigi 1, hal itu dapat menyebabkan girboks rusak dan mobil akan menjadi kehilangan kendali. Tujuan dari menurunkan gigi secara bertahap adalah untuk mendapatkan engine brake, sehingga kecepatan dari mobil akan menurun.

2. Memperingati Pengendara Lain

Langkah yang juga harus dilakukan ketika rem blong adalah memperingati para pengendara lain. Hal ini dilakukan agar para pengendara lain mengetahui kondisi dari mobil yang sedang dikendarai dan mereka dapat menghindar dari mobil Anda. Memperingati pengendara lain bisa dilakukan dengan cara menyalakan lampu hazard dan membunyikan klakson.

3. Memanfaatkan Rem Tangan

Manfaat dari rem tangan juga harus dimaksimalkan ketika rem sedang blong. Memakai rem tangan juga jangan dilakukan secara tiba-tiba, karena apabila kecepatan masih tinggi dan rem tangan sudah ditarik, ban mobil bisa menjadi selip sehingga mobi bisa kehilangan kendali. Gunakan rem tangan secara perlahan jika kecepatan sudah lebih pelan.

4. Jangan Mematikan Mobil

Banyak orang yang jika mengalami rem blong akan langsung mematikan mobilnya karena panik. Padahal hal ini akan sangat berbahaya, karena jika mobil dimatikan, mobil akan tidak bisa dikendalikan.