Home   >   Rp7500 Per Jam Untuk Parkir Mobil Yang Tak Lulus Uji Emisi

News

08 Feb 2023

Rp7500 Per Jam Untuk Parkir Mobil Yang Tak Lulus Uji Emisi

Pemprov DKI Jakarta memungut biaya parkir termahal atau tertinggi untuk mobil yang mogok dan belum menjalani uji emisi, yakni Rp7500 per jam, dan akan dikenakan secara bertahap, kata Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo. Arahan ini sebagai pencegah sesuai Pasal 17 Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020 tentang Pengujian Emisi Kendaraan Bermotor.

Untuk kendaraan yang lulus uji emisi, data nomor registrasi kendaraan akan tercatat di sistem sehingga pada saat kendaraan masuk ke tempat parkir, ditentukan apakah kendaraan tersebut lulus/gagal uji emisi.

Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo, Senin (2/6)

Mobil yang lolos uji emisi akan dikenakan tarif parkir normal secara berjenjang, yaitu Rp5000 per jam di parkir off street. Untuk kendaraan yang tidak lolos uji emisi, tarif parkir maksimal Rp7500 per jam, juga progresif. Menurut Syafrin, sesuai Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 31 Tahun 2017 tentang retribusi parkir saat ini hanya dikenakan satu retribusi parkir.

Di sisi lain, Ditjen Perhubungan telah menambah enam ruang untuk memperkenalkan tarif parkir yang tinggi. Dengan penambahan ini, sekarang ada 11 tempat parkir yang akan mengenakan biaya pencegah bagi kendaraan yang gagal uji emisi. Otoritas juga akan menambah tempat parkir dengan pencegah parkir pada tahun 2023 menjadi parkir di badan jalan, parkir luar ruang. Hal ini yang termasuk dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 188 Tahun 2016 tentang Parkir Umum yang Dikelola Pemerintah di Tingkat Daerah.

Daftar 11 lokasi yang menerapkan disinsentif tarif parkir di Jakarta:

  1. IRTI Monas.
  2. Pasar Mayestik.
  3. Samsat Jakarta Barat.
  4. Blok M Square.
  5. Park and Ride Terminal Kalideres.
  6. Ruko Intercon Taman Kebon Jeruk.
  7. Gedung Istana Pasar Baru.
  8. Park and Ride Lebak Bulus.
  9. Parkir Taman Menteng.
  10. Taman Ismail Marzuki.
  11. Park and Ride Terminal Kampung Rambutan.