Home   >   Sejarah Mobil Listrik di Dunia

Community

27 Jun 2022

Sejarah Mobil Listrik di Dunia

Baru-baru ini, pemerintah Indonesia gencar mempercepat realisasi penggelaran mobil listrik baterai di tanah air. Menteri Perhubungan Indonesia Budi Karya Sumadi bahkan telah bekerja dengan Universitas Nottingham untuk mengejar transportasi rendah karbon yang berkelanjutan melalui pengembangan kendaraan listrik. Banyak negara maju dan berkembang sudah mulai beradaptasi dengan penggunaan mobil listrik bertenaga baterai.

Ini berkaitan dengan penggunaan, yang lebih ekologis, praktis, dan jauh lebih efisien daripada mobil konvensional. Kehadiran mobil listrik membawa harapan baru dalam mencegah pemanasan global. Penemuan mobil listrik memang revolusioner, meski kabar tersebut baru mengemuka dalam 3 tahun terakhir. Sejarah mobil listrik, jika direproduksi, membawa kita kembali ke awal abad ke-18. Century adalah mobil masa depan penuh di bawah ini.

Asal Usul Ide Mobil Listrik

Sejarah mobil listrik dimulai pada abad ke-18 ketika banyak ilmuwan dari Hungaria, Belanda dan Amerika Serikat berfokus pada konsep kendaraan bertenaga baterai dan mulai memproduksi kendaraan listrik. Mobil Kecil Pada tahun 1832 muncul seorang Inggris bernama Robert Anderson yang mengembangkan mobil roda tiga dengan baterai listrik. Penemuan ini tercatat sebagai mobil bertenaga listrik pertama.

Seiring dengan perkembangannya di penghujung abad, mobil listrik diciptakan oleh William Morrison pada abad ke-18, mampu mengangkut hingga enam penumpang dengan kecepatan 22 km/jam.Mobil bertenaga listrik ini kemudian muncul di New York hingga saat itu terdapat 60 armada taksi yang menggunakan mobil listrik. awal abad ke-19 Mobil listrik telah mencapai ketenaran mereka, meskipun banyak yang masih menggunakan kereta kuda sebagai alat transportasi utama mereka.

Kemunduran dan Kebangkitan Mobil Listrik

Thomas Alva Edison yang dikenal sebagai salah satu penemu terkenal mengklaim bahwa mobil listrik ini akan menjadi kendaraan masa depan, bahkan ia menciptakan baterai yang bisa memiliki umur panjang. seperti mobil listrik komersial. Thomas juga bekerja sama dengan Henry Ford untuk mengembangkan mobil listrik murah pada tahun 1914 ketika mobil listrik berada pada puncaknya.

Namun, ketenaran mobil listrik ini tidak bertahan lama.Mobil berbahan bakar bensin yang juga dibuat oleh Henry Ford ini dimakan habis-habisan karena harganya bisa setengah dari harga mobil listrik.Faktor ekonomi masyarakat yang lebih mampu membeli mobil bensin menjadi alasan permintaan mobil berbahan bakar fosil. lebih besar dari pada listrik. Listrik semakin tersisih dari pasar. Puluhan tahun berlalu sebelum mobil listrik ini terlihat lagi oleh publik. Hal ini disebabkan munculnya produsen mobil yang mengembangkan mobil listrik dengan desain yang menarik.Kini mobil listrik semakin berkembang biak dengan model sedan dan SUV.

Mobil listrik di Indonesia semakin banyak diminati di negara lain, bagaimana perkembangan mobil listrik di Indonesia? Sejarah mobil listrik di Indonesia dimulai pada tahun 2012 ketika mobil listrik pertama kali dikembangkan di Indonesia. Mobil di Indonesia sempat bermasalah, namun di era pemerintahan Presiden Jokowi perkembangannya semakin digalakkan.

Rekomendasi Artikel: Ini Penyebab Gear Skipping di Mobil