Home   >   Solusi Salah Isi Solar ke Mobil Bensin

Tips

21 Mar 2022

Solusi Salah Isi Solar ke Mobil Bensin

Saat ini, pompa bensin di sebuah pom bensin dapat melayani pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk mesin bensin dan solar, meskipun nozelnya berbeda dan ditandai dengan jelas, bisa saja terjadi kesalahan, misalnya saat mengisi solar ke mobil bensin.

Hal itu bisa terjadi karena ada banyak penyebab. Lantas langkah apa yang harus diambil ketika hal ini terjadi? Berikut penjelasan dari Auto2000, jaringan diler resmi Toyota:

Mesin bensin yang diisi bahan bakar solar yang biasanya menggunakan bensin, tentunya akan kesulitan menghidupkan mobil, mengingat solar membutuhkan kompresi yang tinggi untuk menimbulkan ledakan di ruang bakar dan tekanan pompa bensin lebih rendah dari pada mesin bensin. mesin diesel dan suhu busi tidak sesuai, semburan matahari tidak cukup untuk memicu ledakan.

Jadi sulit untuk menghidupkan mesin bensin berbahan bakar diesel, meskipun Anda bisa, biasanya karena masih ada bensin di dalam tangki, tetapi begitu diesel datang, mesin mulai mati dan menyadari bahwa Anda membeli bahan bakar yang salah.

Ada kasus ketika mobil langsung mati dan tidak bisa dihidupkan ulang. Untuk itu, selama tidak ada kerusakan mesin, Anda harus segera berhenti dan mematikan mesin. tidak dipaksa untuk terus berjalan, karena ada risiko komponen mesin rusak atau hancur meski dalam kecepatan tinggi.

Lantas apa jadinya bila yang terjadi sebaliknya?Mengisi mesin diesel dengan bahan bakar seperti bensin?

Mesin diesel membutuhkan bahan bakar yang dapat membakar dirinya sendiri karena hanya bergantung pada rasio kompresi mesin yang tinggi. Sedangkan bahan bakar untuk mesin bensin membutuhkan busi untuk membakarnya.

Akibatnya, mesin diesel sulit untuk dihidupkan karena sifat bahan bakar dan kebutuhan mesin yang berbeda. Oleh karena itu, jika gejala ini muncul setelah pengisian bahan bakar, meskipun mesin sebelumnya baik-baik saja, segera pastikan tidak ada kesalahan pengisian bahan bakar.

Jika dipaksakan, mesin diesel bisa distart karena kompresi mesin dan suhu tinggi di ruang bakar bisa membakar bensin, masalah muncul karena pembakaran tidak bisa disesuaikan dengan kebutuhan mesin, sehingga kehilangan tenaga, knocking alias ngelitik, dan merusak atau bahkan komponen mesin bisa jebol.

Selain itu, mesin diesel membutuhkan bahan bakar yang juga berfungsi sebagai pelumas untuk komponen seperti pompa bahan bakar, dan senyawa kimia hanya ada di solar karena bensin tidak mengandung pelumas, sehingga suku cadang yang perlu dilumasi dapat rusak saat bekerja pada suhu tinggi. dan tekanan.

Namun, jika Anda menyadari mengisi bahan bakar yang salah dan mobil tidak mau hidup, segera keluarkan mobil dari SPBU dengan mendorongnya. Jangan pernah menyalakan mesin mobil karena risikonya besar, bahkan jika komponen mesin rusak, Anda bisa membuat mesin turun.