Home   >   Teknik Engine Brake Mobil

Tips

24 May 2022

Teknik Engine Brake Mobil

Engine brake adalah sesuatu yang sering Anda dengar di dunia otomotif. Bagi pengendara, engine brake merupakan teknik berkendara yang penting. Tak hanya pedal rem, rem mesin juga bisa digunakan untuk memperlambat laju mobil.

Dengan kata lain, engine brake adalah teknik untuk mengurangi kecepatan mobil. Secara umum, engine brake berguna saat mobil sedang melalui bukit atau di jalan yang curam.

Sony Susana, Training Manager Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan engine brake merupakan tindakan preventif yang baik untuk mencegah kerusakan rem.

Sony menjelaskan teknik ini membantu pengemudi memperlambat mobil tanpa harus bergantung pada pedal rem saat engine brake dilakukan dengan menurunkan transmisi ke gigi yang lebih rendah.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menurunkan transmisi saat berkendara. Pelatih Indonesian Center for Safe Driving (ISDC) Norman Syam menyarankan pengendara untuk memperhatikan radius per meter (RPM) sebelum menerapkan rem mesin.

Teknik engine brake yang baik adalah menurunkan transmisi mobil secara bertahap atau berurutan. Agar rem mesin bekerja dengan lambat, Anda harus melepaskan kaki dari pedal akselerator. Langkah ini diikuti dengan langkah pelan pada pedal rem. Setelah itu, pindahkan transmisi ke gigi yang lebih rendah, perpindahan gigi ini harus bertahap.