Home   >   Tesla Investasi Ekosistem Baterai Mobil di Jawa Tengah

News

19 May 2022

Tesla Investasi Ekosistem Baterai Mobil di Jawa Tengah

Tesla berinvestasi pada ekosistem mobil di Jawa Tengah. Hal itu ditegaskan Menteri Penanaman Modal/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Di Jawa Tengah, Tesla juga akan berinvestasi pada mobil listrik. Bahlil tidak menjelaskan sepenuhnya tentang hal ini pembangunan pabril.

Bahlil mengatakan Tesla akan masuk pada 2022. Ia juga enggan menyebut nilai keterlibatan bisnis Elon Musk.

“Tesla insya Allah akan masuk ke Indonesia. Dia (Tesla) akan masuk pada dua bagian investasi besar, pertama tentang ekosistem baterai mobil. Yang kedua adalah mobilnya,” kata Bahlil dalam Road to G20: Investment Forum “Mendorong Percepatan Investasi Berkelanjutan dan Inklusif” yang dipantau di Jakarta, Rabu.

“Kalau ditanya kapan masuknya, insya Allah 2022 ini tapi saya belum bisa mengumumkan bulannya. Nanti tunggu lah, karena kita belum tanda tangan kesepakatan. Berapa investasinya, masih juga dirahasiakan, masih tunggu. Tapi ini barang bagus, barang gede,” katanya.

Sebagian investasi Tesla akan dilakukan di Batang, Jawa Tengah, sekembalinya dari kunjungan kerjanya ke AS, Bahlil mengaku banyak mendapat pertanyaan terkait investasi Tesla, terutama usai pertemuan Presiden Jokowi dengan CEO Tesla Elon Musk.

Menurut Bahlil, Presiden Jokowi sendiri yang meminta Tesla dan Foxconn masuk dan berinvestasi di Indonesia. Ia juga direkrut untuk merayu Foxconn, sedangkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diminta merayu Tesla.

“Rayuan kita, gombalan kita waktu itu Foxconn lolos, masuk. Yang Tesla masih tarik ulur. Alhamdulillah berkat tangan dingin dan intuisi Bapak Presiden, kemarin Tesla insya Allah akan masuk ke Indonesia,” katanya. (Antara)