Home   >   Tips Membeli Mobil Baru

Tips

06 Jan 2021

Tips Membeli Mobil Baru

Saat ini mempunyai kendaraan merupakan sebuah kebutuhan bagi masyarakat Indonesia terutama pada daerah perkotaan, dikarenakan lingkungan yang cukup dinamis serta mobilitas yang cukup tinggi. Terlebih lagi bagi yang memiliki tempat kerja cukup jauh jaraknya dari tempat tinggal, pastinya mempunyai kendaraan pribadi akan menjadi lebih hemat waktu.

Kendaraan pribadi yang umum dimiliki adalah motor dan mobil, karena untuk memiliki kedua kendaraan tersebut persyaratannya cukup mudah. Berbicara tentang mobil sebagai kendaraan pribadi, tentu saja mobil mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan motor.

Karena saat menggunakan mobil resiko yang akan dihadapi di jalanan akan berkurang, contohnya saja resiko akibat faktor cuaca seperti panas terik maupun hujan lebat. Tentu saja apabila menggunakan roda empat akan terhindar dari resiko tersebut. Namun seperti pepatah yang mengatakan “Ada Harga, Ada Barang” harga mobil jauh lebih tinggi ketimbang harga motor. 

Jika Anda ingin memiliki sebuah mobil, Anda perlu memikirkannya secara matang-matang dan perlu banyak persiapan. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah mobil, simak informasi berikut mengenai Tips Membeli Mobil Baru.

1. Menyiapkan Anggaran Khusus

source : freepik

Hal yang paling pertama harus dilakukan adalah menyiapkan anggaran atau dana khusus. Anggaran khusus ini bisa diambil dari penghasilan yang sudah disisihkan. Lalu setelah penghasilan telah disisihkan, Anda harus bisa rajin menabung untuk anggaran ini. 

Anggaran khusus untuk mobil ini tidak hanya berhenti sampai saat mobil telah dimiliki secara seutuhnya saja, anggaran ini juga sudah termasuk biaya untuk pemeliharaan mobil yang sudah dibeli.  Biaya ini mencakup mulai dari pengisian bahan bakar hingga biaya servis besar.

2. Cek Harga Pasaran

source : freepik

Setelah Anda yakin dengan dana yang sudah dimiliki, maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan riset tentang harga pasaran dari mobil yang akan Anda beli. Di zaman yang sudah modern ini, mendapatkan sebuah informasi merupakan hal yang sangat mudah. Sama halnya jika Anda ingin melakukan riset tentang harga pasar. Riset ini dilakukan agar ketika membeli mobil, harga yang Anda bayar tidak melebihi harga pasaran.

3. Sesuaikan Dengan Kebutuhan 

source : freepik

Membeli mobil juga harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda sehari-hari. Jika Anda membeli mobil hanya untuk keperlu kerja dan jarak yang ditempuh relatif dekat maka sebuah City Car ataupun LCGC 5 Seater sudah cukup. Akan tetapi jika Anda mempunyai jarak yang cukup jauh dari rumah ke tempat kerja ataupun Anda sudah berkeluarga maka MPV atau SUV adalah pilihan yang tepat.

4. Baca Review Mobil Yang Akan Dibeli

source : freepik

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan jika sudah menemukan mobil yang sesuai dengan kebutuhan adalah mencari tahu review ataupun ulasan dari pengguna yang sudah punya pengalaman mengendarai mobil ini. Karena hasil dari review atau ulasan itu biasanya akan menghasilkan sebuah kelebihan dan kekurangan mobil tersebut. 

5. Memilih Dealer Yang Tepat

source : freepik

Saat ini jumlah dealer mobil yang sudah tidak dapat terhitung lagi jumlahnya, terlebih lagi di wilayah perkotaan. Oleh karena itu sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke dealer, ada baiknya anda mencari tahu dulu dealer mana yang tepat untuk Anda. Anda bisa menyaring dealer mana saja yang akan didatangi dari berbagai macam aspek, contohnya saja dari aspek wilayah.

Dealer yang satu wilayah dengan tempat tinggal Anda cenderung memiliki harga yang lebih murah. Dalam mencari tahu dealer yang tepat, Anda juga bisa bertanya kepada rekan atau kerabat yang sudah lebih berpengalaman dalam hal jual beli mobil.

6. Metode Pembayaran

source : freepik

Lalu yang perlu Anda pikirkan adalah metode pembayaran apa yang akan digunakan. Jika Anda mempunyai dana yang cukup, ada baiknya metode pembayarannya dilakukan secara tunai atau cash. Akan tetapi apabila dana yang dimiliki kurang mencukupi atau pas-pasan, maka Anda dapat membayar dengan sistem kredit karena Anda hanya perlu membayar uang muka dan DP saja.

7. Beli Saat Waktu Tertentu

source : freepik

Sebaiknya Anda membeli pada saat waktu tertentu saja, contohnya adalah saat hari raya ataupun saat akhir tahun. Karena pada saat saat seperti ini dealer mobil biasanya akan memberikan promo yang menarik, bisa saja potongan harga yang cukup besar ataupun Anda akan mendapat bonus yang lumayan besar nominalnya.