Home   >   Toyota Land Cruiser 300 Hadir Dengan Opsi GR Sport Trim

Review

04 Aug 2021

Toyota Land Cruiser 300 Hadir Dengan Opsi GR Sport Trim

Toyota Land Cruiser seri 300  tersedia dalam berbagai versi di Jepang. Versi paling mahal, GR Sport, sangat menarik. Ini membawa gambar yang macho dan sporty. Namun tak hanya gaya, tentu dilengkapi fitur-fitur eksklusif dan spesial.

Nuansa sporty pasti dibawa Toyota ketika nama model “GR” atau “GR Sport” ditambahkan. Memang memberikan kesan sporty dan atletis. Inilah yang terjadi pada Land Cruiser terakhir dalam versi GR Sport, dengan model khusus yang sebagai keturunan dunia balap membuatnya terlihat lebih liar. Tidak semewah perjalanan bisnis atau sesederhana mobil pekerja atau mobil ekstremis.

Pada fasad depan, misalnya, mengadopsi pengaturan khusus dengangrille honeycomb  dengan palang melintang. Melihat ke bagian bawah bodi, model balap, dan performa pabrikan ini dilengkapi oramen pelindung tambahan berkelir hitam. Mulai dari bumper depan dengan cladding komplet skid plate, add-on over fender, rocker molding samping, hingga bumper belakang selaras bumper depan.

Tampilannya diwarnai oleh aksen hitam. Termasuk gagang pintu, cermin dan logo serta nama di bagasi. Tak ketinggalan emblem GR Sport yang kontras pada gril, spatbor depan, dan bagasi. Roda gelap 18 inci juga berbeda dari opsi peralatan lainnya.

Cat mahal ini juga diberi sentuhan khusus di bagian kabin. Hal ini dapat dikenali dengan pemilihan warna antara GRexclusive Black atau campuran GRexclusive Black dan Dark Red. Distribusi pengenal “GR” memudahkan penumpang untuk melihat siapa itu, misalnya layar awal jika sistem Navigasi TConnect dipasang. Diikuti emblem pada sandaran kepala dan setir. Semua ini bermain dengan desain interior pola serat karbon.

Lebih dari sekedar gaya.

Toyota Land Cruiser 300 tipe GR Sport terlihat unik dibandingkan anggota keluarga lainnya. Tapi bukan hanya gaya, kemampuannya juga berbeda. Berkat inovasi terbaru dalam teknologi suspensi dari Toyota, ElectronicKinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS), untuk penduduk di bagian atas daftar harga.

Berkat fungsi ini, kunci anti-roll bar depan dan belakang dapat diatur secara otomatis dan mandiri. Berkat sambungan di setiap sisi roda, dapat dilepaskan atau bahkan dibatasi sesuai dengan kondisi medan. Menawarkan lebih banyak ruang kaki untuk traksi off-road sekaligus meningkatkan stabilitas di aspal tanpa perlu sentuhan. Oleh karena itu, standar pada GR Sport adalah Adaptive Variable Linear Solenoid Suspension (AVS). Daya redaman peredam dalam menanggapi berbagai kondisi berkendara, bersama dengan EKDSS, akan mengoptimalkan peningkatan suspensi pada generasi terbaru ini.

Termasuk revisi geometri kaki untuk mendukung kenyamanan serta stabilitas dan kontrol postur serta jarak rolling dan wheel linkage terbesar dari seluruh generasi LC.

Selain sistem suspensi tercanggih di keluarga, kemampuan off-road GR Sport didukung oleh differential lock. Terutama jika model lain hanya memiliki opsi kunci gandar belakang, pengaturan yang lebih tinggi ini memiliki kunci daya depan dan belakang.

mesin V6 biturbo bertenaga yang mempersiapkan Land Cruiser untuk menavigasi berbagai medan. Peminum bensin V35AFTS berkapasitas 3.500 ccm ini mampu menghasilkan tenaga pompa hingga 415 HP dengan torsi 650 Nm. Sementara itu, unit diesel 3300cc F33AFTV menjadi booster khusus untuk trim atas GR Sport dan ZX. Ekstraksi pasangan ini lebih intens, hingga 700 Nm dengan tenaga 309 CV. Putaran tersebut kemudian diarahkan ke keempat roda melalui transmisi otomatis Direct Shift10AT.

Karakteristik keluaran torsi dan titik perpindahan telah dioptimalkan untuk setiap penggerak gaya. Dalam hal mesin bensin, sistem harus menawarkan kesenangan akselerasi dengan perilaku traksi yang santai bahkan pada kecepatan mesin tinggi. Situasinya berbeda dengan mesin diesel, yang menjanjikan peningkatan torsi pada putaran rendah.

Tentu ada harga untuk segala kehebatan GR Sport. Dibanderol paling tinggi, senilai 7,7 juta Yen untuk opsi mesin bensin atau 8 juta Yen buat model bermesin diesel. Kalau dikonversi berarti sekitar Rp 1,01 miliar sampai Rp 1,05 miliar. Cukup tinggi mengingat entry level polosan GX setara Rp 670 jutaan.

Rencananya akan berlaga di Reli Dakar.

Toyota Land Cruiser sudah tidak asing lagi dengan persaingan ketat di Reli Dakar. Nama ini sudah berjalan sejak 1995 dan aktif di kategori mobil seri selama lebih dari 25 tahun. mobil yang aman, mudah dikendalikan, tetapi tidak mudah menyerah bahkan di medan yang paling sulit sekalipun. Untuk membuat mobil yang lebih baik melalui motorsport.

Kehadiran seri 300 tentu bisa melanjutkan eksistensinya di ajang bergengsi ini. Team Land Cruiser Toyota Auto Body berencana mengikuti Reli Dakar dengan seri 300, lebih tepatnya membawa model berdasarkan model paling bertenaga, yaitu GR Sport. Dengan komitmen tersebut, tim pengembang berharap dapat lebih menyempurnakan potensi mobil tersebut agar dapat diimplementasikan di masa mendatang.

Rekomendasi artikel: Angka Oktan Bensin Harus Tepat, Sobat!