Home   >   5 Cara Menjaga Performa Terbaik Dari Mobil Diesel

Tips

20 Sep 2021

5 Cara Menjaga Performa Terbaik Dari Mobil Diesel

Mobil bertenaga diesel semakin populer di masyarakat karena diyakini lebih irit bahan bakar dan lebih irit untuk medan terjal dan tanjakan. Bagi pecinta kendaraan mungkin sudah tahu bahwa mesin diesel menawarkan kemampuan dan sifat yang berbeda dari bensin. Torsi yang ditawarkan oleh mobil mesin diesel terbilang melimpah dan menyenangkan.

Apapun mobilnya, perawatan diperlukan agar mobil tetap dalam kondisi prima dan siap dikendarai. Berikut 5 cara menjaga performa kendaraan diesel agar selalu optimal dan siap dikendarai.

Panaskan Mesin Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus lakukan sebelum menggunakan mobil mesin diesel adalah dengan membiarkan mesin menyala selama lima menit untuk memberi kesempatan oli melumasi bagian mesin dan turbocharger. Pelumas mesin mendukung sistem kerja mobil, komponen tetap mulus meski bergesekan, sehingga umur pakai mesin dipastikan lebih lama.

Gunakan Oli yang Direkomendasikan Untuk Mesin Diesel

Langkah kedua ini perlu Anda ingat karena setiap mesin memiliki karakternya masing-masing, sehingga Anda harus menggunakan pelumas yang direkomendasikan oleh produsen mobil agar mobil kesayangan Anda tetap dalam kondisi prima.

Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Bahan bakar seperti nutrisi dalam mobil bertenaga diesel. Gunakan bahan bakar yang direkomendasikan dengan kandungan sulfur kurang dari 300 ppm (misalnya Pertamin Dex). Bahan bakar yang tepat menghasilkan emisi gas buang yang rendah.

Bersihkan Injector Secara Rutin

Kendaraan modern seringkali dilengkapi dengan teknologi common rail injector. Fungsi ini membuat mobil irit bahan bakar dan dapat meningkatkan output mesin. Perawatan dan pembersihan injektor secara teratur akan memperpanjang umur kendaraan jenis ini tanpa takut biaya tinggi. Pastikan Anda hanya membersihkan injektor di bengkel resmi pabrikan.

Merawat Mobil Mesin Diesel Secara Berkala

Setiap mobil pasti membutuhkan perawatan yang rutin agar mesin tetap berjalan lancar, meskipun mobil tersebut masih baru. Kunjungi dealer terdekat dan bengkel terdekat serta cari tahu tentang garansi dan servis dari bengkel resmi pabrikan mobil sobat.

Rekomendasi Artikel Untuk Sobat Mobilagi: Indonesia Harus Contoh Jepang Untuk Jaga Keselamatan Pengendara