Home   >   Apa Penyebab Mobil Tidak Kuat Menanjak?

Tips

22 Dec 2021

Apa Penyebab Mobil Tidak Kuat Menanjak?

Mengemudi di jalan yang menanjak seringkali menjadi tantangan tersendiri. Kontur yang akan dilalui juga cukup bervariasi, mulai dari tanjakan dan turunan terjal hingga yang licin.

Kejadian gagal menanjak bukan hanya dialami oleh mobil dengan transmisi otomatis saja, namun mobil manual juga berpotensi untuk mengalami gagal menanjak.

Ada banyak faktor yang mengakibatkan mobil gagal menanjak baik transmisi matik maupun manual.

Sebagai contoh, mobil manual bisa dilihat apakah pelat koplingnya masih bagus atau tidak. Jika pelat kopling sudah semakin tips maka akan timbul banyak gesekan di pelat kopling tersebut. Hal ini mengakibatkan putaran mesin menjadi selip sehingga torsi akan berkurang. Selain pelat kopling, kondisi mesin.

Berikut adalah beberapa kemungkinan komponen yang rusak yang dapat mencegah mobil menanjak atau kehilangan tenaga di tanjakan.

Filter bahan bakar

Jika filter bahan bakar tidak berfungsi dengan baik, kotoran akan masuk ke mesin. Jika filter bahan bakar tidak diganti untuk waktu yang lama, partikel dan kotoran dapat menumpuk di tangki bahan bakar dan menyumbat filter, sehingga membatasi aliran bahan bakar.

Filter knalpot tersumbat

Knalpot dan catalytic converter berfungsi sebagai filter untuk emisi dan suara berbahaya. Knalpot mengurangi kebisingan dari knalpot dan catalytic converter mengurangi polusi knalpot. Jika salah satu dari filter ini tersumbat, maka tenaga dan kemampuan mesin untuk berakselerasi bisa terhambat.

Filter udara tersumbat

Selain membutuhkan bahan bakar yang bersih, mesin juga membutuhkan udara bersih untuk dicampur bersama agar mesin tetap bertenaga. Jika filter udara tersumbat, otomatis tidak dapat mencegah kotoran masuk ke ruang bakar internal. Selanjutnya kotoran ini dapat merusak mesin. Tanpa filter yang baik, mesin tidak akan pernah cukup kuat untuk menanjak.

Injektor bahan bakar tersumbat

Jika injektor tersumbat, maka akan bisa mempengaruhi pola semprotan dan kemampuan injektor untuk menyemprotkan bahan bakar. Bahkan jika berhenti bekerja, tidak ada bahan bakar yang akan mencapai ruang bakar dan tidak ada daya yang dihasilkan pada langkah pembakaran tersebut.

Busi tidak bagus

Tidak adanya percikan berarti tidak ada pembakaran di dalam silinder, menyebabkan terjadinya misfire. Ini adalah siklus pembakaran yang sia-sia di mana tidak ada daya yang dihasilkan, sehingga mesin tidak akan memiliki tenaga yang cukup untuk beroperasi.

Rekomendasi artikel: Cara Merawat Hidrolik Pintu Bagasi Mobil