Home   >   Baca Maps Sambil Mengemudi Berbahaya, Kah?

Tips

21 Jan 2022

Baca Maps Sambil Mengemudi Berbahaya, Kah?

Maps atau Peta Digital adalah aplikasi yang membantu pengguna melakukan navigasi saat berkendara ke suatu tempat. Peta digital ini dapat diakses melalui telepon genggam, sehingga sangat mudah digunakan.

Selain menunjukkan rute perjalanan, peta digital juga dapat menunjukkan kondisi lalu lintas waktu sebenarnya atau live. Bukan hal yang aneh bagi pengemudi untuk mengemudi sambil melihat aplikasi ini. Meski terlihat biasa saja, namun bisa membahayakan pengendara atau pengguna jalan lainnya.

Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu menjelaskan bahwa membaca peta digital saat mengemudi dapat mempengaruhi konsentrasi pengemudi.

“Kalau dia perhatiin, dia bisa ke-distract. Nggak aman,” ungkapnya.

Sebenarnya, ada opsi audio yang bisa digunakan saat pengemudi sedang berkonsentrasi mengemudi. Opsi audio ini menjelaskan rute mengemudi secara singkat dan jelas, Jusri menyarankan pengemudi untuk menggunakan fungsi audio daripada membaca peta digital saat mengemudi.

“Maps dihidupkan, audionya dihidupkan. Didengerin aja. Kalau ingin sekedar lihat karena ragu, ya berhenti,” jelas dia.

Hal senada juga diungkapkan oleh Manajer Pelatihan Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susana, yang mengatakan bahwa pengemudi harus memanfaatkan fitur audio yang disediakan oleh aplikasi.

“Gunakan mode suara, sehingga perjalanan dapat dipandu secara audio,” ucap Sony.

Sama dengan Jusri, Sony menyarankan pengemudi untuk berhenti sejenak jika tidak yakin dengan rute yang diarahkan dari peta digital.

“Apabila tidak yakin, berhentikan kendaraan di tempat yang aman untuk melihat peta,” ujar Sony.

Rekomendasi Artikel: Ini Dia Fungsi Penting Overdrive Pada Tuas Transmisi